ANALISIS MEME POLITIK AMONG US #DPRIMPOSTOR (Analisis Semiotika Meme Among Us #DPRIMPOSTOR Dalam Perbincangan Isu Politik di Twitter)

SITI SALSABILA ADHA

Informasi Dasar

21.04.2295
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meme seringkali dikaji menggunakan ilmu Semiotika untuk mempelajari bagaimana cara memahami tanda yang ada pada suatu meme sehingga pembaca dapat menerima pesan dan makna yang terkandung didalamnya Seiring perkembangan zaman maka lahirlah sebuah inovasi yang menggabungkan fasilitas layanan akses internet. Ketika UU Cipta Kerja disahkan, publik yang kontra mulai beramai-ramai membuat aneka hastag viral, salah satu fenomena hastag tersebut membuat peneliti tertarik dimana masyarakat mengaitkan sebuah gim daring dengan isu meme politik yang dikenal luas dengan sebutan #DPRImpostor di media sosial Twitter. Meme ini diadaptasi dari istilah “impostor” dalam gim Among Us yang saat itu sedang populer bertepatan dengan pengesahan UU Cipta Kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme karena dianggap relevan untuk menemukan makna dan pemahaman terkait fenomena yang diteliti yaitu mengkaji mengenai analisis konten dalam Meme Politik Among Us. Peneliti melakukan metode analisis deskriptif studi kasus, dalam perihal kasus ini, Peneliti melakukan observasi pengamatan pendalam terhadap Meme Politik Among Us untuk mendapatkan data deskriptif dengan melibatkan metode analisis semiotika segitiga makna Charles Sanders Pierce. Subjek dalam penelitian ini adalah representasi kritik dari meme politik Among Us #DPRImpostor yang diangkat berdasarkan fenomena isu kontra pengesahan UU Cipta Kerja, Objek dari penelitian ini adalah analisis tema dan konten pada meme politik Among Us #DPRImpostor. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan penyebaran meme pada media sosial Twitter, kemudian mengumpulkan data terkait meme yang sedang diamati dengan pendekatan eksploratif, melalui mesin pencari pada mesin pencarian platform Twitter menggunakan kata kunci #DPRImpostor. Berdasarkan hasil analisis penelitian meme membentuk interpretasi kritik sosial yang memberikan citra negatif terhadap DPR RI.

Kata Kunci: Analisis Makna, Meme Politik, Semiotika Charles Peirce

Subjek

COMMUNICATION SCIENCE
 

Katalog

ANALISIS MEME POLITIK AMONG US #DPRIMPOSTOR (Analisis Semiotika Meme Among Us #DPRIMPOSTOR Dalam Perbincangan Isu Politik di Twitter)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI SALSABILA ADHA
Perorangan
ADI BAYU MAHADIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini