PENERAPAN PROCESS MINING TERHADAP EVENT LOG UNTUK MENGETAHUI POLA BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA HEURISTIC MINER (Studi Kasus : Learning Management System (LMS) Universitas Telkom)

SABILA CHANIFAH

Informasi Dasar

21.04.1899
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pandemi Covid-19 menyebabkan seluruh civitas akademika Universitas Telkom melakukan perkuliahan online selama satu semester penuh, yaitu pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021. Seluruh kegiatan pembelajaran menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh yang disebut Learning Management System (LMS). Pada penelitian ini dilakukan proses mining pada event log dari LMS Universitas Telkom. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah event log dari mata kuliah Pengembangan Aplikasi Website dan Sistem Enterprise. Metode process mining digunakan untuk melihat pola belajar mahasiswa selama perkuliahan dengan melihat pola mahasiswa yang digambarkan dalam suatu model proses sehingga dosen dapat mengetahui pola belajar mahasiswa selama perkuliahan online. Process mining dilakukan menggunakan ProM 5.2 dan plugin Heuristic Miner. Peneliti memilih algoritma heuristic miner karena kemampuannya dalam menangani noise, serta dapat mengekspresikan kejadian utama yang terekam dalam event log. Setelah mendapatkan model proses, dilakukan conformance checking dengan hasil nilai fitness, mata kuliah Pengembangan Aplikasi Website menunjukkan nilai 0,887, dan mata kuliah Sistem Enterprise menunjukkan nilai 0,847. Nilai ini menunjukkan bahwa model proses dapat memodelkan event log dengan baik. Pada nilai precission mata kuliah Pengembangan Aplikasi Website, nilai advanced behaviorial appropriateness sebesar 0,594, dan nilai degree of model flexibility sebesar 0,181. Sedangkan nilai precission mata kuliah Sistem Enterprise menunjukkan nilai advanced behaviorial appropriateness sebesar 0,411 dan nilai degree of model flexibility sebesar 0,115. Pada nilai struktur dihasilkan nilai 1,0 pada kedua mata kuliah dalam penelitian ini.

Kata kunci— Process Mining; Heuristic Miner; Event log; Conformance Checking

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

PENERAPAN PROCESS MINING TERHADAP EVENT LOG UNTUK MENGETAHUI POLA BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA HEURISTIC MINER (Studi Kasus : Learning Management System (LMS) Universitas Telkom)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SABILA CHANIFAH
Perorangan
Rahmadita Andreswari, Rokhman Fauzi
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Rekayasa Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini