ANALISIS POLA PENYEBARAN INFORMASI DAN PERAN STAKEHOLDER PARIWISATA UNTUK MENGIDENTIFIKASI INFLUENCER PADA MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI KASUS 10 DESTINASI WISATA PRIORITAS)

DEACTA AYU DIGPASARI

Informasi Dasar

21.04.1813
658.83
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor pariwisata Indonesia merupakan leading sector yang diunggulkan dalam pembangunan di sektor ekonomi, sosial, dan budaya. Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di sektor pariwisata, pemerintah memfokuskan pengembangan destinasi wisata untuk 10 destinasi wisata prioritas yang melibatkan peran stakeholder pariwisata sebagai kelompok yang dapat mendukung dan mempromosikan destinasi wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penyebaran informasi yang terbentuk dalam jejaring sosial di 10 destinasi wisata prioritas pada media sosial Twitter, mengetahui peran pengguna Twitter sebagai stakeholder pariwisata dalam penyebaran informasi pada jejaring sosial di 10 destinasi wisata prioritas, mengetahui influencer dan komunitas yang terbentuk dalam penyebaran informasi pada jejaring sosial di 10 destinasi wisata prioritas. Penelitian ini menggunakan metode social network analysis dengan menggunakan sumber data dari media sosial Twitter berupa tweets, reply, mention dan retweet di media sosial Twitter. Penelitian ini mendapatkan sebuah insight baru dalam penyebaran informasi dan peran dari stakeholder pariwisata terkait jejaring sosial yaitu terdapat suatu kemiripan visualisasi di semua jejaring sosial dengan adanya gap lingkaran di luar membentuk bulat memisah yang mendeskripsikan pengguna Twitter yang kurang dalam berinteraksi dan tidak terlibat dalam penyebaran informasi ke dalam kelompok yang terbentuk. Peran dari stakeholder individu lebih dominan dibandingkan stakeholder lainnya. Peran pemerintah, media, komunitas, travel, dan pemerintah memiliki peran yang baik dalam penyebaran informasi. Dan sebaliknya, peran dari stakeholder pariwisata event, hotel, dan industri lainnya kurang memiliki peran di setiap destinasi wisata. Dan terdapat influencer yang memiliki peran penting di komunitas yang terbentuk berdasarkan kesamaan nilai pengukuran centrality. Insight tersebut dapat dimanfaatkan sebagai strategi dalam menyebarkan informasi secara efektif dan efisien dalam sektor pariwisata.

Kata Kunci: Sektor Pariwisata, 10 Destinasi Wisata Prioritas, Stakeholder Pariwisata, Big Data

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

ANALISIS POLA PENYEBARAN INFORMASI DAN PERAN STAKEHOLDER PARIWISATA UNTUK MENGIDENTIFIKASI INFLUENCER PADA MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI KASUS 10 DESTINASI WISATA PRIORITAS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEACTA AYU DIGPASARI
Perorangan
Herry Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini