Analisis Rating Kepuasan dan Review Konsumen Hotel Bintang Lima Terpopuler di Kota Bandung Pada Traveloka Menggunakan Text Analytics (Studi Pada The Trans Luxury Hotel, G.H. Universal Hotel, dan Padma Hotel Bandung)

RHEZA FAUZIA DINARYANTI

Informasi Dasar

21.04.1811
338.479 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Potensi perkembangan pariwisata di Indonesia cukup besar. Fenomena ini selaras dengan tingkat jumlah perjalanan dan pengeluaran wisatawan nusantara yang terus meningkat dari tahun ke tahun, salah satunya adalah Kota Bandung yang berada di Provinsi Jawa Barat. Banyaknya potensi wisata di Kota Bandung membuat industri perhotelan sebagai salah satu industri yang bersinergi dengan pariwisata memiliki tingkat pertumbuhan tinggi serta persaingan yang ketat di antara para pelaku bisnis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dapat ditingkatkan dan faktor apa yang dipertimbangkan oleh konsumen dari review negatif dan review positif, mengidentifikasi peringkat atribut yang diberikan konsumen terhadap masing – masing hotel sehingga dapat diketahui rating kepuasannya, dan untuk mengetahui atribut yang paling diunggulkan oleh ketiga hotel bintang lima terpopuler di Kota Bandung.

Subjek dalam penelitian ini adalah website Traveloka dengan objek penelitian The Trans Luxury Hotel, G.H. Universal Hotel, dan Padma Hotel Bandung. Data yang diperoleh website Traveloka memiliki jumlah 16.228 review. Total 16.228 review ini didapat dari 5.676 review konsumen mengenai The Trans Luxury Hotel, 5.433 review konsumen mengenai GH Universal Hotel, dan 5.119 review konsumen mengenai Padma Hotel Bandung.

Penelitian ini melakukan pengambilan data review konsumen melalui website Traveloka menggunakan teknik scraping dengan software Parsehub 54.0.1 dan menggunakan metode text analytics yaitu sentiment analysis dengan software RapidMiner Studio versi 9.5 untuk menganalisis review dan peringkat yang diberikan oleh konsumen terhadap The Trans Luxury Hotel, G.H. Universal Hotel, dan Padma Hotel Bandung di Traveloka. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa atribut kebersihan merupakan atribut yang paling diunggulkan oleh The Trans Luxury Hotel dan atribut lokasi merupakan atribut yang paling diunggulkan oleh G.H. Universal Hotel dan Padma Hotel Bandung. Hasil dari penelitian diharapkan dapat memberikan insight kepada pihak pengembang hotel untuk meningkatkan layanan hotel.

Kata Kunci: Atribut Hotel, Hotel, Rating, Sentiment Analysis, Traveloka

Subjek

TOURISM
 

Katalog

Analisis Rating Kepuasan dan Review Konsumen Hotel Bintang Lima Terpopuler di Kota Bandung Pada Traveloka Menggunakan Text Analytics (Studi Pada The Trans Luxury Hotel, G.H. Universal Hotel, dan Padma Hotel Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RHEZA FAUZIA DINARYANTI
Perorangan
Herry Irawan, Tri Widarmanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, FAKULTAS EKONOMI BISNIS
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini