ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANCE SERVER PADA CLOUD STORAGE UNTUK UMKM DENGAN METODOLOGI SDLC DAN ISO/IEC 25010:2011 (STUDI KASUS : OPENNEBULA DAN OPENSTACK)

DICKY DWI KURNIAWAN PUTRA

Informasi Dasar

21.04.1681
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANCE SERVER PADA CLOUD STORAGE UNTUK UMKM DENGAN METODOLOGI SDLC DAN ISO/IEC 25010:2011 (STUDI KASUS : OPENNEBULA DAN OPENSTACK) Oleh DICKY DWI KURNIAWAN PUTRA NIM : 1202164005 Cloud computing memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem konvensional. Bagi user, mereka akan bebas berkreasi dan tidak perlu menyediakan infrastruktur (data center, processing power, storage sampai aplikasi desktop) untuk dapat memiliki sebuah sistem. Dengan dukungan banyak inti processor (core), terutama pada server, yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dan services secara bersamaan menggunakan teknik virtualisasi pada komputer server. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja. Untuk membangun infrastruktur TI agar dapat mengelola informasi harus menyiapkan modal yang besar, bagi perusahaan besar (enterprise) mungkin tidak sulit tetapi bagi perusahaan kecil seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat tidak mungkin karena tidak mempunyai cukup modal. Berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran terhadap beberapa virtualisasi server untuk mengetahui kinerja virtualisasi server. Dalam kesempatan ini akan dilakukan analisis terkait tentang teknologi cloud computing. Dengan hasil utama dari penelitian ini adalah melakukan analisis dan perbandingan teknologi cloud computing antara OpenNebula dan OpenStack yang mana lebih efisien dapat diterapkan pada UMKM pada skala menengah kebawah. Metode yang digunakan adalah SDLC dan standard uji ISO/IEC 25010:2011.

Kata kunci : Cloud Computing, UMKM, SDLC, ISO/IEC 25010:2011, OpenNebula, OpenStack. Total kata: 177.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANCE SERVER PADA CLOUD STORAGE UNTUK UMKM DENGAN METODOLOGI SDLC DAN ISO/IEC 25010:2011 (STUDI KASUS : OPENNEBULA DAN OPENSTACK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DICKY DWI KURNIAWAN PUTRA
Perorangan
Rohmat Saedudin, Umar Yunan K.S.H.
 

Penerbit

Universitas Telkom,S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini