ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ADOPSI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION DI UNIVERSITAS TELKOM SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: CELOE LMS)

KHANSA` NADHIFAH RABBANIAH AL HABSYI

Informasi Dasar

21.04.1393
381.33
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ditambah dengan adanya pandemi COVID-19 yang merabah di masyarakat membuat seluruh kegiatan dialihkan ke media online termasuk perkuliahan di Universitas Telkom. Media sistem informasi e-learning yang digunakan adalah CeLOE LMS dimana sistem ini ditujukan untuk mendukung sebagian besar kegiatan perkuliahan online bagi mahasiswa selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilaksanakan. Dalam penerapan CeLOE LMS ini banyak sekali perubahan dari awal perkuliahan online hingga sekarang, namun pihak manajemen CeLOE LMS sendiri belum pernah melakukan penelitian atau evaluasi terkait kepuasan menggunakan CeLOE LMS, untuk itu perlu adanya penelitian terkait analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap adopsi sistem CeLOE LMS dalam kegiatan PJJ di Universitas Telkom untuk menilai bahwa sistem yang diterapkan sangat mempermudah pengguna sesuai dengan kebutuhan dari segi konten, keakuratan informasi yang diberikan, kemudahan dalam penggunaan, tampilan interface, serta ketepatan waktu dalam penyajian informasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner melalui beberapa platform media sosial. Model penelitian yang digunakan adalah End-User Computing Satisfaction (EUCS) dengan 6 variabel yang terlibat yaitu Content (konten), Accuracy (akurasi), Format (bentuk), Ease of Use (kemudahan penggunaan), Timeliness (ketepatan waktu), dan End-User Satisfaction (kepuasan pengguna), dan menggunakan analisis perhitungan menggunakan metode PLS-SEM dengan alat bantu SmartPLS versi 3.0. Sampel penelitian ini terdiri dari 205 responden mahasiswa aktif program studi strata satu Universitas Telkom dengan jumlah populasi 22279 mahasiswa. Hasil dari 5 hipotesis yang diajukan, terdapat 2 hipotesis yang ditolak karena hasil analisis t-statistics >1,97 yang artinya hubungan antara variabel Accuracy (ACC) dan variabel Format (FOR) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel End-User Satisfaction (EUS).

Kata Kunci : CeLOE LMS, End-User Computing Satisfaction, PLS-SEM

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ADOPSI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION DI UNIVERSITAS TELKOM SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: CELOE LMS)
 
xvi, 115p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHANSA` NADHIFAH RABBANIAH AL HABSYI
Perorangan
Muhardi Saputra, Berlian Maulidya Izzati
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini