PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI BADAN PENDAPATAN DAERAH (STUDI PADA KANTOR SAMSAT WILAYAH OKU TIMUR I)

MUHAMMAD AKBAR ARNANDO ONASIS

Informasi Dasar

21.04.1371
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kantor Bapenda Samsat OKU Timur I merupakan suatu tempat administrasi pemerintah yang dibuat untuk memperlancar dan mempercepat proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk dapat terus memberikan pelayanan yang baik. Instansi dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas kinerja melalui peningkatan kepuasan kerja karyawan. Salah satu faktornya adalah gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Bapenda di kantor Samsat OKU Timur I. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh berjumlah responden 38 responden karyawan Bapenda di kantor Samsat OKU Timur I. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, gaya kepemimpinan termasuk dalam kategori baik dengan presentase sebesar 74,73%, kemudian lingkungan kerja termasuk dalam kategori yang baik dengan persentase sebesar 75,49% dan kepuasan kerja juga termasuk dalam kategori yang baik dengan persentase sebesar 79,84%. berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja karyawan Bapenda di kantor Samsat OKU Timur I sebesar 24,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Kepuasan Kerja.

Subjek

HUMAN RESOURCES
 

Katalog

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI BADAN PENDAPATAN DAERAH (STUDI PADA KANTOR SAMSAT WILAYAH OKU TIMUR I)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD AKBAR ARNANDO ONASIS
Perorangan
Anita Silvianita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini