INTERAKSI SIMBOLIK ANTAR GAMERS PADA KOMUNITAS GAME ONLINE CALL OF DUTY MOBILE ZOMBIESKY E’SPORT (KAJIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL)

RETNO TRI CAHYANI

Informasi Dasar

21.04.1250
302
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Komunitas ZombieSKY E’Sport merupakan sebuah komunitas game online Call of Duty Mobile dimana interaksi di dalam komunitas tersebut yang sebelumnya hanya dilakukan secara online membentuk sebuah kepercayaan yang bahkan terkadang tidak dapat terbentuk dari orang-orang yang bertemu dan saling mengenal langsung di dunia nyata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana interaksi simbolik antar gamers pada komunitas tersebut dalam menegosiasikan makna sehingga membentuk konsep diri anggota terkait kepercayaan dalam pertemanan yang berawal dari pertemuan dalam game online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teori interaksi simbolik milik George H. Mead terkait mind, self, society. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa interaksi antar anggota dibangun melalui hubungan interpersonal secara nonformal. Terdapat pertukaran simbol secara verbal maupun non verbal yang dilakukan baik didalam pertemuan online maupun pertemuan secara langsung sehingga para anggota komunitas memahami makna yang sama antar satu sama lain dan memiliki kesepahaman makna. Hasil dari interaksi yang dibangun oleh para anggota komunitas sangat mempengaruhi konsep diri para anggota yang semula menganggap bahwa pertemanan dalam game online hanyalah pertemanan biasa yang membahas seputar game menjadi anggapan bahwa pertemanan didalam game online bisa terjalin seperti halnya persahabatan, persaudaraan dan juga kekeluargaan.

Kata kunci : Game online, Interaksi Simbolik, Komunitas, Konsep diri

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

INTERAKSI SIMBOLIK ANTAR GAMERS PADA KOMUNITAS GAME ONLINE CALL OF DUTY MOBILE ZOMBIESKY E’SPORT (KAJIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RETNO TRI CAHYANI
Perorangan
Retno Tri Cahyani
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini