PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, STRUKTUR ASET, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019 )

NABILAH PUTRI SYABANA

Informasi Dasar

21.04.976
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan usaha antar perusahaan sangatlah ketat pada era globalisasi saat ini. Perusahaan dituntut agar mampu memaksimalkan nilai perusahaan agar mampu bersaing dengan perusahaan lain. Struktur modal merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk dapat memilih sumber dana yang digunakan untuk melakukan aktivitas operasi perusahaan dan menjadikan perusahaan memiliki kinerja yang baik. Dalam penerapan struktur modal, setiap perusahaan membutuhkan pertimbangan dari beberapa variabel yang mempengaruhi struktur modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel profitabilitas, likuiditas, struktur aset, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan sub sektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2019. Metode Purposive Sampling digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini, dan diperoleh 120 sampel yang terdiri dari 12 perusahaan dengan periode waktu penelitian 10 tahun. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dan uji hipotesis yang digunakan diantaranya uji koefisien determinasi, uji hipotesis simultan dan uji hipotesis parsial. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel profitabilitas, likuiditas, struktur aset, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Variabel profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, sedangkan variabel struktur aset dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, dan variabel likuiditas dan pertumbuhan penujualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil penelitian, pihak investor disarankan untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki ukuran besar, struktur aset yang besar dan lebih memperhatikan perusahaan yang memiliki profitabilitas yang rendah agar dapat memperoleh struktur modal yang optimal dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Pihak perusahaan disarankan untuk meningkatkan profitabilitas jika ingin menurunkan proporsi struktur modal, meningkatkan struktur aset dan meningkatkan ukuran perusahaan jika ingin menarik minat investor untuk menanamkan modal pada perusahaan. Kata Kunci : Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aset, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, STRUKTUR ASET, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2019 )
 
xii, 121p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILAH PUTRI SYABANA
Perorangan
Tieka Trikartika Gustyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini