Analisis Kompetitif Media Sosial pada Top Brand Internet Service Provider (ISP) Menggunakan Sentiment Analysis dan Social Network Analysis (Studi Kasus: IndiHome, First Media, Biznet, Indosat M2 di Indonesia)

VELIA VANISSA

Informasi Dasar

21.04.965
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial tidak hanya digunakan oleh individu, perusahaan juga menggunakan media sosial sebagai sarana untuk membangun interaksi dengan pelanggannya. Perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet ini perlu meningkatkan kualitas hubungannya dengan pelanggan agar mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya, hal ini dilakukan dengan cara mengukur kemampuan kompetitif mereka di media sosial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan kompetitif media sosial pada 4 brand yang termasuk ke dalam daftar Top Brand Index fase 1 2020 yaitu IndiHome, First Media, Biznet, dan Indosat M2 di media sosial Twitter. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif berdasarkan data. Penelitian ini memperoleh data dengan melakukan crawling data pada media sosial Twitter dengan menggunakan software RStudio versi 1.3.1093. Data yang diolah pada penelitian ini adalah konten dari pengguna berupa tweets dengan kata kunci “indihome”, “firstmedia”, biznet”, dan “gigbyindosat” yang merupakan nama akun Twitter dari masing-masing brand. Pengambilan data dilakukan selama periode 30 hari yaitu sejak tanggal 1 November 2020 sampai 30 November 2020. Data yang telah didapatkan diolah menggunakan analisis sentimen dan visualisasi jaringan serta analisa properti jaringannya menggunakan software Gephi. Setelah itu, dilakukan pemeringkatan dari keempat brand Internet Service Provider menurut sentimen penggunanya, apa yang menjadi topik pembicaraannya, serta peringkat brand berdasarkan properti jaringan sosialnya. Penelitian menggunakan visualisasi teks berupa WordCloud untuk menganalisa topik yang dibicarakan pada masing-masing sentimen pelanggan. Hasilnya, ditemukan pula keunggulan dan kekurangan dari masing-masing Internet Service Provider menurut pelanggan di media sosial yang dapat menjadi bahan analisis kompetitif media sosial pada perusahaan-perusahaan tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk referensi penelitian akademis dan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam mengelola media sosial.

Kata Kunci: Competitive Intelligence, Competitive Analysis, Network Properties, Sentiment Analysis, Social Network, Twitter, User Generated Content.

Subjek

Text mining
 

Katalog

Analisis Kompetitif Media Sosial pada Top Brand Internet Service Provider (ISP) Menggunakan Sentiment Analysis dan Social Network Analysis (Studi Kasus: IndiHome, First Media, Biznet, Indosat M2 di Indonesia)
 
x, 89p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VELIA VANISSA
Perorangan
Herry Irawan, Tri Widarmantri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini