Penerapan Keamanan Komunikasi pada Jaringan LoRa(Long Range) Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard(AES) dan Message Authentication Code(MAC)

PUTRI APRIYANTI WINDYA

Informasi Dasar

21.04.399
384.545 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet of Things (IoT) merupakan suatu hal yang populer saat ini. Penggunaan IoT semakin meningkat setiap tahun khususnya penggunaan LoRa, begitu juga dengan pengembangan perangkat IoT. Salah satu karakteristik perangkat IoT yaitu resource yang terbatas. Perangkat ini sering disebut sebagai constrained device IoT. Seiring dengan meningkatnya penggunaan LoRa, aspek keamanan komunikasi pada jaringan LoRa juga harus diperhatikan. Akan tetapi, keterbatasan resource yang dimiliki oleh perangkat IoT menjadi tantangan dalam memilih metode security yang sesuai. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan sebuah metode security yang sesuai yaitu pemanfaatan algoritma AES dan MAC. Jenis AES yang digunakan pada penelitian ini yaitu AES128 dan AES256. Sedangkan Algoritma MAC yang digunakan adalah Hash-based Message Authentication Code (HMAC). Berdasarkan hasil analisis keamanan yang telah dilakukan, metode ini mampu menjamin aspek confidentiality, integrity dan authentication. Selain itu, penelitian ini juga melakukan analisis overhead pada constrained devices IoT kelas 0 dan kelas 2. Hasil analisis overhead menunjukkan bahwa metode ini cocok untuk diterapkan pada kelas 0 dan kelas 2.

Kata kunci: Long Range, constrained devices, CIA, AES, HMAC

Subjek

Security networks - wireless sensor
 

Katalog

Penerapan Keamanan Komunikasi pada Jaringan LoRa(Long Range) Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard(AES) dan Message Authentication Code(MAC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI APRIYANTI WINDYA
Perorangan
Vera Suryani, Aulia Arif Wardana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini