ANALISIS MEKANISME PENYEBARAN INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN EPIDEMI SUSCEPTIBLE-INFEECTED (STUDI KASUS: BRAND AMBASSADOR SAMSUNG GALAXY NOTE 20)

ASLA SONIA

Informasi Dasar

21.04.296
300.285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Revolusi Big Data terus terjadi dan menyebabkan lingkungan binsis menjadi lebih kompetitif, termasuk dalam persaingan iklan produk yang merupakan salah satu bentuk relationship marketing. Samsung yang merupakan produsen smart phone terbesar di dunia mengelurakan salah satu produk baru pada tahun 2020, yaitu Samsung Galaxy Note 20. Dalam peluncurannya, Samsung melakukan upaya untuk menarik perhatian konsumen dengan cara menjadikan BTS yang merupakan salah satu group idol K-Pop, menjadi brand ambassadornya. Tingginya pengguna media sosial menimbulkan peluang bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan informasinya. Salah satu cara identifikasi persebaran informasi dapat dilakukan dengan information dissemination. Perhitungan information dissemination dengan jaringan retweeting dapat dilakukan dengan menggunakan model Social Network Analysis (SNA) dan juga epidemi Susceptible-Infected (SI). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mekanisme persebaran informasi dari penggunaan brand ambassador Samsung Galaxy Note 20 dengan menggunakan model SNA dan juga epidemi SI. Dengan model SNA, penelitian ini menemukan key player dari persebaran informasi tersebut. Selain itu, terdapat pembuatan levelling node untuk melihat mekanisme information dissemination. Sementara itu, dengan model epidemi SI, penelitian ini menghitung infection rate dan laju pertumbuhan populasi susceptible dan infected pada satuan waktu tertentu. Penelitian ini mengidentifikasi BTS berdampak besar bagi luasnya persebaran informasi yang ada, serta membuat informasi yang tersebar menjadi cepat. Dalam penelitian ini ditemukkan bahwa K-Pop fan account merupakan jenis akun yang mendominasi dari persebaran informasi. Hasil penelitian ini dapat menjadi insight untuk membuat strategi relationship marketing. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat diterapkan pada aspek manajemen yang lainnya.

Kata kunci : Information dissemination, Social Netwrok Analysis (SNA) Model, Susceptible Infected (SI) Epidemic Model, Relationship marketing.

Subjek

DATA ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS MEKANISME PENYEBARAN INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL SOCIAL NETWORK ANALYSIS DAN EPIDEMI SUSCEPTIBLE-INFEECTED (STUDI KASUS: BRAND AMBASSADOR SAMSUNG GALAXY NOTE 20)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASLA SONIA
Perorangan
Andry Alamsyah, Tri Widarmanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini