ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA DOMPET DIGITAL PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN PERBANDINGAN ALGORITMA KLASIFIKASI (STUDI KASUS OVO)

IRWAN ADITAMA

Informasi Dasar

20.04.3983
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dompet digital merupakan aplikasi elektronik yang digunakan untuk transaksi secara online melalui smartphone, yang kegunaannya hampir sama dengan kartu kredit atau debit. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, terdapat 38 e-wallet yang mendapatkan lisensi resmi. Beberapa aplikasi dompet digital yang populer di Indonesia diantaranya adalah Go-Pay, DANA, OVO, LinkAja dan lain lain. Pada penelitian ini, produk layanan dompet digital yang akan dibahas adalah OVO. OVO dijadikan objek penelitian karena bedasarkan riset DailySocial yang bertajuk Fintech Report menunjukkan bahwa OVO mengalami peningkatan pengguna aktif sebesar 23% pada tahun 2019 yang berada di peringkat ke-2. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk melakukan analisis sentimen pada media sosial Twitter untuk mengetahui kecenderungan komentar masyarakat. Twitter merupakan suatu platform media sosial yang dapat menyalurkan pendapat atau pikiran bagi penggunanya. Berbagai macam komentar pada Twitter mengenai studi kasus OVO dapat diselesaikan dengan cara melakukan analisis sentimen. Peneliti menggunakan tiga perbandingan algoritma dalam melakukan analisis sentimen, diantaranya Naïve Bayes, K-NN (K-Nearest Neighbor) dan Decision Tree (C4.5). Tahapan yang dilakukan dalam analisis sentimen adalah preprocessing, processing, klasifikasi dan evaluasi. Hasil analisis sentimen yang didapatkan pada penelitian ini adalah algoritma K-NN dengan menggunakan fitur ekstraksi TF-IDF menghasilkan tingkat akurasi yang paling tinggi sebesar 63.00% yang diperoleh dari pengujian data testing dengan menggunakan tools RapidMiner. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Algoritma Klasifikasi, Twitter, OVO

Subjek

DATA ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA DOMPET DIGITAL PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN PERBANDINGAN ALGORITMA KLASIFIKASI (STUDI KASUS OVO)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRWAN ADITAMA
Perorangan
Rachmadita Andreswari, Irfan Darmawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini