Aplikasi Berbasis Web Untuk Perhitungan dan Pencatatan Harga Pokok Produksi Susu Sapi Menggunakan Metode Variable Costing (Studi Kasus : Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara)

AMANDA RAIHAN LUIDA

Informasi Dasar

20.06.527
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang minuman yang beralamat di Jalan Kayu Ambon, Lembang. Produk yang dihasilkan adalah susu murni, susu pasteurisasi, serta yoghurt yang berbahan dasar dari susu sapi. KPSBU berhasil memproduksi susu sapi sekitar 140 ton dalam sehari, yang dimana 130 ton nya langsung dikirim ke Industry Pengolahan Susu (IPS) dan 10 tonnya lagi dijual ke konsumen secara langsung. Metode Variable Costing yang menjadi salah satu metode yang digunakan dalam perhitungan harga pokok produksi susu sapi. Metode Variable Costing merupakan sistem pembebanan biaya yang hanya menggunakan biaya variabel saja sebagai komponen biaya produksi, sedangkan biaya tetap tidak dibebankan kedalam harga pokok produksi. Aplikasi dibangun menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan framework CodeIgniter. Proses pengembangan menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC). Pengujian aplikasi dan pengujian manual untuk semua fungsionalitas menggunakan metode black-box testing. Berdasarkan pengujian black-box testing dapat disimpulkan bahwa aplikasi mampu dalam melakukan perhitungan harga pokok produksi, menampilkan laporan harga pokok produksi serta catatan akuntansi berupa jurnal dan buku besar.

Kata Kunci: Variable Costing, PHP, CodeIgniter, SDLC

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Perhitungan dan Pencatatan Harga Pokok Produksi Susu Sapi Menggunakan Metode Variable Costing (Studi Kasus : Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMANDA RAIHAN LUIDA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini