Eksplorasi Konsep-Konsep yang Mempengaruhi Internasionalisasi Ukm Pada Database Jurnal Scopus Dengan Pendekatan Bibliometrika.

SAUVE KORDIA SIREGAR

Informasi Dasar

20.04.3462
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep-konsep yang mempengaruhi internasionalisasi UKM dinilai melalui penulusuran terhadap jurnal-jurnal internasionalisasi UKM dalam publikasi internasional (Scopus) selama 10 tahun terakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dan berdasarkan tujuannya adalah deskriptif. Penelusuran dan analisa yang dilakukan dalam penelitian ini tergolong dalam kategori meta analisis. Studi ini mengumpulkan data yang menurut Sugiyono (2018) adalah suatu cara untuk mendapatkan data dan informasi dari buku, arsip, dokumen, penulisan numerik dan gambar yang mampu mendukung tujuan penelitian. Alat analisa yang digunakan adalah perangkat lunak R versi R-3.5.2 dan paket bibliometrix versi 2.1.2. Pada tahap pengolahan data, penelitian ini akan mengukur indikator-indikator bibliografi yang sudah ditetapkan menggunakan perangkat tersebut dengan teknik analisa yang sesuai dengan fungsi-fungsi bibliometrika.Penelitian ini memetakan 121 kata kunci penulis yang dikategorikan dalam 10 subjek sebagai konsep-konsep yang mempengaruhi internasionalisasi UKM selama 1 dekade terakhir: (Mode Masuk (entry mode), modal manusia (human capital), jaringan (networks), pengetahuan (knowledge), kognitif (cognitive), operasi bisnis (business operation), lingkungan (environment), geografi (geography), teknologi (technology) dan dimensi (dimensions)) dengan frekuensi dan variasi kata kunci yang berbeda di dalamnya. Urutan subjek dengan jumlah kemunculan tertinggi adalah dimensi (522), operasi bisnis (371) mode masuk (363), geografi (208), pengetahuan (160), modal manusia (145), lingkungan(124) kognitif (105), jaringan (75) dan teknologi (23). Ditemukan ruang-ruang perkembangan bagi beberapa subjek, yaitu mode masuk, kognitif, jaringan, teknologi dan dimensi. Khususnya, pada penelitian yang berkaitan dengan e-commerce sebagai mode masuk dan saluran penjualan/pemasaran, market orientation dan effectuation sebagai orientasi internasionalisasi dan keragaman aplikasi dari teori jaringan.

Kata Kunci: UKM, Internasionalisasi, Bibliometrika, Bibliometrix

Subjek

SMALL BUSINESS-MANAGEMENT
 

Katalog

Eksplorasi Konsep-Konsep yang Mempengaruhi Internasionalisasi Ukm Pada Database Jurnal Scopus Dengan Pendekatan Bibliometrika.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAUVE KORDIA SIREGAR
Perorangan
GRISNA ANGGADWITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini