ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG SABILULUNGAN BERSIH KABUPATEN BANDUNG WILAYAH SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP ECOVILLAGE (Studi Pada Kecamatan Rancabali)

DEWIMAS FATIMAH

Informasi Dasar

20.04.3446
658.408 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh desa memiliki potensi yang berbeda-beda disetiap aspek yang dilihat dengan menggunakan konsep ecovillage pada pelaksanaan program Kampung Sabilulungan Bersih dan seluruh desa telah melaksanakan semua atribut dalam aspek ecovillage. Informasi tersebut penting untuk menciptakan strategi yang tepat untuk setiap desa karena setiap desa mungkin memiliki potensi, keadaan, atau pencapaian yang berbeda. Kabupaten Bandung memiliki masalah terhadap isu lingkungan hidup. Pemerintah Kabupaten Bandung menerapkan program Kampung Sabilulungan Bersih melalui Dinas Lingkungan Hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi program Kampung Sabilulungan Bersih di kecamatan Rancabali dengan menggunakan konsep ecovillage yaitu dilihat dari aspek ekologi, ekonomi, sosial, dan spiritual dalam menerapkan program Sabilulungan Bersih. Menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung dengan melibatkan 3 narasumber yang merupakan fasilitator desa Kampung Saber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh desa memiliki potensi yang berbeda-beda disetiap aspek yang dilihat dengan menggunakan konsep ecovillage pada pelaksanaan program Kampung Sabilulungan Bersih dan seluruh desa telah melaksanakan semua atribut dalam aspek ecovillage.

Kata Kunci: Aspek Ecovillage, Ecovillage, Kampung Sabilulungan Bersih.

Subjek

BUSINESS ENVIRONMENT
 

Katalog

ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG SABILULUNGAN BERSIH KABUPATEN BANDUNG WILAYAH SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP ECOVILLAGE (Studi Pada Kecamatan Rancabali)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWIMAS FATIMAH
Perorangan
Sisca Eka Fitria
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini