PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN STUDI KASUS PT INTI (PERSERO)

MOCH NURDIN ISMAIL

Informasi Dasar

13.04.226
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Sistem Pengendalian Internal penjualan meliputi struktur organisasi, metode, dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen. Seiring perkembangan teknologi saat ini, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pengendalian internal yaitu penerapan sistem informasi akuntansi penjualan. penerapan sistem informasi akuntansi penjualan merupakan suatu keharusan untuk memperlancar aktivitas- aktivitas  dalam perusahaan agar pelaksanaannya dapat lebih cepat, tepat, akurat dan efisien. Untuk menjadi unggulan dalam persaingan, perusahaan harus memiliki manajemen yang baik sehingga tujuan utama perusahaan tercapai yaitu mencapai laba yang maksimal secara efektif, efisien dan ekonomis

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi penjualan di PT INTI (Persero) Bandung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi penjualan terhadap efektivitas pengendalian internal penjualan PT INTI (Persero). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah karyawan yang berada di PT INTI (Persero) yang terkait dengan aktivitas penjualan perusahaan dengan jumlah sampel responden yang berjumlah 140 orang yang terbagi pada tujuh divisi yang berbeda. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling khususnya metode proportional stratified random sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengendalian internal penjualan dipengaruhi oleh penerapan sistem informasi akuntansi penjualan sebesar 0,599 atau 59,9% sedangkan sisa sebesar 40,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Efektivitas Pengendalian Internal

Subjek

ACCOUNTING
INFORMATION SYSTEM, INTERNAL CONTROL

Katalog

PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN STUDI KASUS PT INTI (PERSERO)
 
xiv, 152p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCH NURDIN ISMAIL
Perorangan
Dudi Pratomo
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini