ANALISIS PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI (STUDI KASUS PADA KARYAWAN TENAGA PENUNJANG AKADEMIK TELKOM UNIVERSITY)

DYANDRA ERSA TIANARA

Informasi Dasar

20.04.3333
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Telkom University untuk karyawan tenaga penunjang akademik sudah terlaksanan dengan baik namun terdapat beberapa persepsi karyawan tenaga penunjang akademik yang membuktikan bahwa pelatihan masih kurang optimal. Kurang relevan nya acuan job description dan kurang sesuainya analisis kebutuhan pelatihan menimbulkan karyawan tidak presisi mengerjakan pekerjaan di bidangnya. Fenomena ini memiliki dampak kepada peningkatan kompetensi karyawan tenaga penunjang akademik, walaupun kompetensi karyawan tenaga penunjang akademik sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan keterampilan teknis karyawan tenaga penunjang akademik karena terdapat persepsi karyawan yang membuktikan bahwa belum optimal peningkatan kompetensi terkait keterampilan/keahlian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelatihan dan peningkatan kompetensi yang terjadi pada karyawan tenaga penunjang akademik di lingkup Telkom University. Serta untuk menguji pengaruh pelatihan terhadap peningkatan kompetensi karyawan tenaga penunjang akademik Telkom University. Penjelasan dalam penelitian ini mengenai tujuan penelitian, dijelaskan secara deskriptif.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 200 orang karyawan dan teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis stratified proportionate random sampling.

Alat ukur yaitu uji validitas dan reliabilitas kepada 40 orang karyawan digunakan untuk menyatakan bahwa kuesioner valid dan reliabel. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji variabel yang diteliti yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana, analisis uji koefisien determinasi dan pengujian hipotesis yang diolah menggunakan software IBM SPSS 25.

Nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 52,4% yang memiliki arti bahwa pengaruh pelatihan terhadap peningkatan kompetensi pada penelitian ini berpengaruh sebesar 52,4%. Dan hasil dalam penelitian ini menunjukkan pelatihan berpengaruh signifikan positif terhadap peningkatan kompetensi.

Kata Kunci: Kompetensi, Pelatihan, Sumber Daya Manusia.

Subjek

Human resources management
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI (STUDI KASUS PADA KARYAWAN TENAGA PENUNJANG AKADEMIK TELKOM UNIVERSITY)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DYANDRA ERSA TIANARA
Perorangan
Nidya Dudija
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini