ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP EARNING PER SHARE (Penelitian pada Perusahaan Manufaktur di Bidang Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011)

Arista Erini Putri

Informasi Dasar

13.04.209
658.152
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

“ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP EARNING PER SHARE” (Penelitian pada Perusahaan Manufaktur di Bidang Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011)

Perusahaan yang memiliki total aktiva yang relatif besar dan telah terdaftar di pasar modal dianggap sudah mampu untuk mengelola dana dari masyarakat dan sudah seharusnya dapat memanfaatkan total aktiva yang dimilikinya agar selalu memberikan keuntungan bagi para pemegang saham. Financial leverage merupakan penggunaan dana dengan beban tetap dengan harapan dapat memperbesar pendapatan per lembar saham biasa atau earning per share (EPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari ukuran perusahaan, financial leverage dan earning per share serta untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh dari total aktiva sebagai indikator dari ukuran perusahaan, longterm debt to equity ratio sebagai indikator dari financial leverage terhadap earning per share, secara parsial dan secara simultan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif bersifat kausalitas dan Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif yang merupakan data sekunder, yaitu laporan keuangan tahunan 2009-2011 dari perusahaan manufaktur di bidang makanan dan minuman yang terdaftar di BEI sebanyak 14 perusahaan, dan penulis menggunakan metode analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Perkembangan ukuran perusahan tahun 2009-2011 mengalami peningkatan di setiap perusahaan, berbeda dengan perkembangan financial leverage perusahaan yang berfluktuatif disebabkan kondisi ekonomi dan keputusan pendanaan di setiap perusahaan yang berbeda begitu pula dengan earning per share perusahaan juga rata-rata mengalami kenaikan. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa hanya ukuran perusahaan dengan total aktiva yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap earning per share. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari ukuran perusahaan dan financial leverage terhadap earning per share pada perusahaan manufaktur di bidang makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2009-2011 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 15%. Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Logaritma Total Aktiva, Financial Leverage, Longterm Debt to Equity Ratio, Earning per Share.

Subjek

CAPITAL MANAGEMENT
EARNINGS PER SHARE, FINANCIAL LEVERAGE, SIZE-COMPANY

Katalog

ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP EARNING PER SHARE (Penelitian pada Perusahaan Manufaktur di Bidang Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011)
 
xi, 105p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arista Erini Putri
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini