Analisis Penilaian Kinerja dengan Menggunakan Konsep Balanced Scorecard pada PT Pindad (Persero) Bandung

Zifco Istian Hidayah

Informasi Dasar

13.04.201
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK “ANALISIS PENILAIAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BALANCED SCORECARD PADA PT PINDAD (PERSERO) BANDUNG”

Dewasa ini dengan tingkat persaingan global yang tinggi, suatu perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan suatu keuntungan kompetitif agar dapat bertahan dalam persaingan. Oleh karena itu perusahaan wajib menggunakan dan mengembangkan suatu pengukuran baru yang dapat menghubungkan ukuran finansial dan non finansial. Salah satu contohnya adalah Balanced Scorecard, Balanced Scorecard digunakan sebagai alat analisa untuk memberikan informasi bagi pihak internal perusahaan tentang bagaimana kinerja perusahaan dalam mencapai tujuannya, dengan menggunakan empat perspektif.
Penelitian ini dilakukan di PT Pindad (Persero) Bandung dengan metode pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi di PT Pindad (Persero). Data sekunder diperoleh dari laporan manajemen dan laporan keuangan perusahaan pada tahun 2009-2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dilihat dari perspektif Balanced Scorecard. 
Dilihat dari keempat perspektif yang saling berkaitan, kinerja PT Pindad (Persero) mengalami peningkatan selama tiga tahun periode penelitian, walaupun masih terdapat beberapa kelemahan yang harus diperbaiki selanjutnya. Penilaian kinerja dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat membantu manajemen dalam memperbaiki kelemahan-kelemahan perusahaan tersebut untuk meningkatkan kinerja perusahaan selanjutnya.

Kata kunci :Balanced Scorecard (Perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan), Kinerja Perusahaan.

Subjek

MANAGEMENT ACCOUNTING
PERFORMANCE MEASUREMENT

Katalog

Analisis Penilaian Kinerja dengan Menggunakan Konsep Balanced Scorecard pada PT Pindad (Persero) Bandung
 
xi, 97p.: il.; 21,5 cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Zifco Istian Hidayah
Perorangan
Venti Yustianti Martina
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Akuntansi, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini