Evaluasi Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Menggunakan Metode WEBUSE dan Importance-Performance Analysis (IPA)

HOVELY WAHYU ZAPUTRA SIMATUPANG

Informasi Dasar

20.04.3126
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bidang pariwisata merupakan program unggulan pemerintah terkhusus pemerintah daerah untuk menyebarkan informasi dan guna meningkatkan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat. Meskipun saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung telah menerapkan sistem informasi e-government berbasis website, namun terdapat berbagai keluhan dari pengguna website yang menyebutkan bahwa informasi pada website sulit ditemukan, respon website yang cukup lama saat diakses dan lain sebagainya, sehingga perlu dilakukan evaluasi usability pada website untuk meningkatkan kemudahan dan efisiensi pengguna dalam menggunakan website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Untuk mengevaluasi usability sebuah website dibutuhkan sebuah metode yang digunakan untuk mengukur usability dari sudut pandang pengguna, sehingga metode yang akan digunakan adalah website usability evaluation tool (WEBUSE), kemudian hasil evaluasi WEBUSE akan diukur menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui perbaikan apa saja yang harus diprioritaskan untuk dilakukan agar meningkatkan kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan website. Hasil penelitian ini menunjukan usability website saat ini berada pada level “Moderate” dengan nilai usability sebesar 0.56, sedangkan perbaikan website yang dilakukan telah meningkatkan level usability website menjadi level “Good” dengan nilai usability sebesar 0.78. Hasil performance (kinerja) website saat ini memiliki nilai rata-rata sebesar 3.25, sedangkan kinerja website hasil perbaikan mengalami peningkatan menjadi 4.10. Kemudian, untuk 11 permasalahan website yang saat ini masuk ke dalam kuadran concentrate here sudah diperbaiki dan menunjukkan peningkatan dengan masuk ke dalam kuadran keep up the good work.

Subjek

WEBSITE-QUALITY
 

Katalog

Evaluasi Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Menggunakan Metode WEBUSE dan Importance-Performance Analysis (IPA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HOVELY WAHYU ZAPUTRA SIMATUPANG
Perorangan
Sri Widowati, Rosa Reska Riskiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini