Perancangan Interior Ice and Ball Arena Kota Bandung dengan Pendekatan Programatik

ST TRULLYANTI PRATIWI TASAKKA

Informasi Dasar

18 kali
20.04.2934
729
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK PERANCANGAN INTERIOR ARENA ES DAN BOLA KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN PROGRAMATIK

St Trullyanti Pratiwi Tasakka Desain Interior, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Sukapura, Bandung, Jawa Barat 40257

Permainan seluncur es dan bola gulung merupakan dua olahraga rekreasi yang mulai berkembang pesat di Indonesia saat ini. Masyarakat mulai menggemari olahraga ini karena keduanya merupakan olahraga rekreasi yang menyenangkan dan menyehatkan sehingga peminat dan atletnya pun banyak. Terbukti dengan jumlah atlet permainan seluncur es pada saat ini menjadi 431 orang dan jumlah atlet permainan bola gulung pada saat ini menjadi 132 serta fasilitas publik yang tidak pernah sepi pengunjung. Meningkatnya jumlah peminat maupun atlet permainan seluncur es dan bola gulung berdampak pada bertambahnya kebutuhan akan sarana dan prasarana fasilitas arena olahraga tersebut khususnya di Kota Bandung. Terbatasnya fasilitas olahraga rekreasi tersebut menghambat aktivitas peminat dan atlet yang sedang berlatih. Ditambah dengan adanya atlet disabilitas yang sulit berlatih karena tidak semua fasilitas memenuhi standar yang baik untuk pengguna disabilitas.

Perancangan interior ini mengutamakan ruang publik dengan fasilitas olahraga rekreasi bagi peminat dan atlet permainan seluncur es dan bola gulung untuk memenuhi kebutuhan olahraga dan rekreasinya. Perancangan interior ini juga mengutamakan ruang publik yang dapat memenuhi target yang diharapkan seperti belum adanya ruangan pribadi untuk para atlet dan untuk memenuhi standar yang baik bagi disabilitas. Perancangan ini memiliki tema pergerakan dinamis yang terinspirasi dari jenis olahraga perancangan yaitu rekreasi dengan pendekatan programatik. Perancangan interior permainan seluncur es dan bola gulung dilakukan dengan pertimbangan bahwa hasil perancangannya dapat menerapkan interior yang dapat memfasilitasi kegiatan permainan seluncur es dan bola gulung di Kota Bandung.

Kata kunci: Olahraga Rekreasi, Permainan Seluncur Es, Permainan Bola Gulung, Pendekatan Programatik, Kota Bandung.

Subjek

INTERIOR DESIGN OF PUBLIC SPACE
 

Katalog

Perancangan Interior Ice and Ball Arena Kota Bandung dengan Pendekatan Programatik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ST TRULLYANTI PRATIWI TASAKKA
Perorangan
Ully Irma Maulina Hanafiah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini