DESAIN DAN IMPLEMENTASI PROTOTIPE PENDETEKSI DINI KEBAKARAN GEDUNG MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY LOGIC BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

CHRISTIAN GIOVANI SIMBOLON

Informasi Dasar

20.04.2637
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Menurut data yang diambil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, kebakaran terjadi setiap tahunnya. Pada tahun 2019 terdapat kebakaran yang mengakibatkan banyak kerugian mulai dari materi yang mencapai ±65 milyar Rupiah dan korban ±13.211 jiwa yang terdampak seperti luka ringan, luka berat maupun meninggal. Sehingga diperlukan pendeteksi dini kebakaran yang bisa membuat tindakan dan keputusan yang cepat dalam sistem pemadam kebakaran. Namun pada kenyataannya sistem pendeteksi yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat hanya sebatas alarm dan dapat didengar ketika pemilih rumah sedang berada di rumah. Oleh karena itu, Internet of Things menjadi salah satu alternatif yang mampu menyediakan sistem cerdas untuk kebutuhan tersebut. Pada penelitian ini dibuat prototipe pendeteksi kebakaran gedung menggunakan Arduino mega 2560 dengan sensor DHT-11, MQ-2, flame sensor dan buzzer sebagai alarm. Data sensor akan diolah menggunakan arduino mega 2560 melalui fuzzy logic. Fuzzy logic digunakan untuk menentukan suatu kondisi yang tepat di dalam suatu gedung apakah berbahaya atau tidak yang nantinya buzzer akan berbunyi sesuai hasil keluaran fuzzy. Kemudian data sensor beserta nilai fuzzy akan diteruskan ke database thingspeak untuk di monitoring. Dari hasil pengujian sistem, diketahui bahwa alat dapat terhubung dengan database thingspeak dan pembacaan pada database berjalan dengan baik. Pada sensor DHT-11 didapatkan rata-rata error sebesar 1,18 % untuk suhu dan 2,04 % untuk kelembaban. Sedangkan pada flame sensor, jarak terhadap objek api dapat mempengaruhi besar panjang gelombang yang ditangkap. Pada pengujian protototipe juga diketahui bahwa masukan sensor yang semakin besar akan menghasilkan hasil keluaran nilai fuzzy yang semakin tinggi dan berbahaya. Pada algoritma fuzzy logic didapatkan akurasi sebesar 99,995 %. Untuk nilai rata-rata delay alat menuju database thingspeak sebesar 41,249 ms dan untuk nilai rata-rata throughput diperoleh sebesar 14,732 Kbps.

Kata Kunci : Kebakaran, IoT, Arduino Mega 2560, DHT-11, MQ-2, Flame sensor, Fuzzy Logic.

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI PROTOTIPE PENDETEKSI DINI KEBAKARAN GEDUNG MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY LOGIC BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHRISTIAN GIOVANI SIMBOLON
Perorangan
Ahmad Tri Hanuranto, Atik Novianti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini