ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TI BUMN PADA PROSES PENGELOLAAN LAYANAN PIHAK KETIGA SERTA MONITOR DAN EVALUASI KINERJA TI MENGGUNAKAN COBIT 2019 (STUDI KASUS: PT NINDYA KARYA (PERSERO))

SHELLA PUTRI WIDYATAMA

Informasi Dasar

20.04.2544
657.028 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi (TI) dan penggunaannya semakin meningkat. Keakuratan informasi sangat dibutuhkan dalam perkembangan perekonomian baik oleh pelaku bisnis, masyarakat, dan pemerintah. Penggunaan TI pada suatu perusahaan akan membawa keuntungan bagi perusahaan. Permen BUMN Nomor: PER-03/MBU/2018 menyatakan bahwa dalam rangka meningkatkan koordinasi antara kementrian badan usaha milk negara, diperlukan pemanfaatan sarana pengelolaan teknologi informasi yang lebih baik (good governance). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas teknologi informasi pada perusahaan BUMN. PT.Nindya Karya adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa konstruksi, Engineering Procurement Construction (EPC), dan Investasi. Pada PT. Nindya Karya yang sudah ada Tata Kelola dan proses kebijakan operasional menggunakan bestpractice ISO sebagai referensi prosedur, namun belum terealisasikan secara maksimal. Maka dari itu dalam penyusunan tata kelola TI diperlukan kerangka kerja sebagai gerak langkah untuk memenuhi kebutuhan dalam mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan, kerangka kerja yang digunakan adalah COBIT 2019 dan COBIT 2019 Implementation. Penelitian ini berfokus pada proses domain APO10 Managed Vendors pada proses pengelolaan Layanan Pihak Ketiga dan MEA01 Managed Performance and Conformance Monitoring pada proses Monitor dan Evaluasi Kinerja TI yang diharapkan dapat memberikan referensi melalui beberapa tahapan mulai dari menganalisis kebutuhan perusahaan, sampai dengan pemberian rekomendasi yang mengacu kepada best practice. Kata Kunci: Teknologi Informasi, COBIT 2019, Tata Kelola TI

Subjek

Analysis and design
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TI BUMN PADA PROSES PENGELOLAAN LAYANAN PIHAK KETIGA SERTA MONITOR DAN EVALUASI KINERJA TI MENGGUNAKAN COBIT 2019 (STUDI KASUS: PT NINDYA KARYA (PERSERO))
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHELLA PUTRI WIDYATAMA
Perorangan
Asti Amalia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini