ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI BUMN PADA PROSES PENGELOLAAN LAYANAN DAN PENGELOLAAN SEKURITI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019 ( STUDI KASUS : PT NINDYA KARYA (Persero) )

YUSUF BAHTIAR

Informasi Dasar

20.04.2513
352.266
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi Informasi (TI) mempunyai peran penting dalam membantu suatu organisasi dalam peningkatan layanan yang lebih baik, menciptakan produk dan layanan yang baru, meningkatkan kualitas informasi, mengelola produk maupun layanan di suatu organisasi, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Sebagai perusahaan BUMN, PT Nindya Karya juga diwajibkan untuk mempunyai tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER-03-MBU-02-2018 yang berisikan agar teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara optimal, terukur, terarah dan memenuhi prinsip – prinsip Good Corporate Governance (GCG). Saat ini PT Nindya Karya sudah menerapakan COBIT 5 untuk penyusunan ITMP dan ISO untuk penyusunan Prosedur dan Standarnya. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan tata kelola TI untuk pengelolaan layanan TI dan sekuriti TI menggunakan kerangka kerja COBIT 2019 yang berfokus pada proses domain BAI06 Manage IT Changes, DSS02 Managed Service Requests and Incident dan APO13 Managed Security dan menggunakan COBIT 2019 Implementation sebagai metode untuk pengimplementasiannya. proses penelitian ini dimulai dengan melakukan studi literatur, wawancara dan pengisian kuisioner yang mana digunakan untuk menganalisis dan menilai tingkat kapabilitas perusahaan berdasarkan COBT 2019. Selanjutnya akan dilakukan perancangan aspek people, process dan technology untuk melengkapi hasil penilaian kapabilitas bedasarkan COBIT 2019.

Subjek

GOVERNANCE CORPORATION
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI BUMN PADA PROSES PENGELOLAAN LAYANAN DAN PENGELOLAAN SEKURITI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019 ( STUDI KASUS : PT NINDYA KARYA (Persero) )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUSUF BAHTIAR
Perorangan
ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH, IQBAL SANTOSA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini