ANALISIS DAN PERANCANGAN DALAM MENDUKUNG LAYANAN DASAR BIDANG REHABILITASI SOSIAL DAN BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM (STUDI KASUS:DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA BARAT)

ADIFA NURUL RAMADHANTI

Informasi Dasar

20.04.2365
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi Informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi agar dapat disebar dan diakses secara global.

Dalam mendukung program pemerintah yaitu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dapat menyelaraskan implementasi Enterprise Architecture dari fase preliminary sampai dengan fase teknologi. Dalam merealisasikan SPBE yang kompetitif dan selaras dengan rancangan strategi kedinasan dibutuhkan rangkaian dokumentasi blueprint teknologi informasi (TI) sebagai referensi pengembangan teknologi dan bisnis yang sedang dilakukan maupun yang akan dilakukan atau diadopsi pada suatu organisasi.

Perancangan EA pada penelitian ini menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM untuk memenuhi kebutuhan pengembangan sistem dan menyelaraskan keempat domain, diantaranya, bisnis, aplikasi, data, dan teknologi. Serta membatasi perancangan yang meliputi Preliminary Phase, Phase A: Architecture Vision, Phase B: Business Architecture, Phase C: Information System Architecture (Data Architecture & Application Architecture), Phase D: Technology Architecture. Analisis dokumen, wawancara dan observasi dilakukan dalam menunjang perancangan EA pada objek Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

Dari penelitian perancangan EA pada objek Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dalam bidang rehabilitasi sosial dan pemberdayaan sosial, menghasilkan rancangan integrasi proses bisnis yang sesuai dengan standar SPBE.

Kata Kunci : Enterprise Architecture, TOGAF ADM

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN DALAM MENDUKUNG LAYANAN DASAR BIDANG REHABILITASI SOSIAL DAN BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM (STUDI KASUS:DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADIFA NURUL RAMADHANTI
Perorangan
FALAHAH, IQBAL SANTOSA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini