PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN PT. BANGKITGIAT USAHA MANDIRI BAGIAN PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT (PMKS)

VINIARTHA SEPLIFRISKILA TAMPUBOLON

Informasi Dasar

20.04.1511
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suatu perusahaan tidak akan berjalan tanpa adanya bantuan dari sumberdaya manusia (SDM). Oleh karena itu, SDM yang ada didalam perusahaan umumnya harus dipertahankan dengan baik. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Bangkitgiat Usaha Mandiri bagian Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS), diketahui bahwa tingkat turnover intention pada karyawan berada pada persentase yang sangat tinggi dari tahun 2017 sebesar 11%, 2018 sebesar 20% dan Januari –September 2019 sebesar 18%. salah satu faktor – faktor yang dapat mempengaruhi turnover intention itu sendiri adalah kepuasan kerja dan komitmen organisasi yang dirasakan oleh para karyawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap turnover intention pada karyawan PT. Bangkitgiat Usaha Mandiri bagian Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 115 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda, koefisian determinasi, uji hipotesis secara parsial (uji T) dan secara simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja termasuk kategori tinggi, komitmen organisasi termasuk kategori rendah dan turnover intention termasuk kategori rendah. Pengujian pada koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention sebesar 6,8% dan sisanya 93,2% merupakan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepuasan kerja (X1) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap turnover intention (Y) dan komitmen organisasi (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap turnover intention (Y). Selain itu, kepuasan kerja (X1) dan komitmen organisasi (X2) berpengaruh secara simultan (bersama – sama) terhadap turnover intention (Y). Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Turnover Intention

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
Human resouces management,

Katalog

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN PT. BANGKITGIAT USAHA MANDIRI BAGIAN PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT (PMKS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VINIARTHA SEPLIFRISKILA TAMPUBOLON
Perorangan
ELLA JAUVANI SAGALA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen ( Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika )
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini