PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN (STUDI KASUS: PT. PARIPURNA SWAKARSA MINAMAS PLANTATION KALIMANTAN SELATAN)

YOGI HADI GUNTORO

Informasi Dasar

20.04.1494
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Paripurna Swakarsa mempunyai turnover yang masih tergolong cukup tinggi karena apabila dirata-ratakan tingkat perputaran karyawan pertahun masih diatas 10% dari total karyawan yang berkerja di PT. Paripurna Swakarsa Kalimantan Selatan pada setiap tahunnya. Dukungan organisasi yang diberikan kepada karyawan dirasa sudah sesuai dengan jabatan padal level masing-masing, namun masih terdapat karyawan yang merasa tidak nyaman dengan supervisor. Komitmen organisasi yang terdapat di PT. Paripurna Swakarsa juga masih dianggap kurang baik dikarenakan karyawan merasa belum memiliki keterikatan secara emosional dengan karyawan lainnya. Ketiga aspek tersebut memilki dampak terhadap turnover intention karyawan PT. Parpurna Swakarsa Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dukungan organisasi, komitmen organisasi, dan turnover intention karyawan serta untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap turnover intention karyawan, pengaruh komitmen organisasi terhadap turnover intention karyawan dan mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi dan komitmen organisasi terhadap turnover intention karyawan PT. Paripurna Swakarsa Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. Paripurna Swakarsa Kalimantan Selatan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan 288 responden dan di random menggunakan website random.id. Data yang diolah adalah data primer melalui survei menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan menggunakan garis kontinum untuk mendeskripsikan data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regeresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 23.00 for windows. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) didapat bahwa persepsi dukungan organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji f), persepsi dukungan organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap turnover intention, Nilai koefisien determinasi persepsi dukungan organisasi terhadap turnover intention sebesar 13,17%, nilai koefisien determinasi komitmen organisasi terhadap turnover intention sebesar 21,99%. Berdasarkan nilai koefisen determinasi secara simultan didapat bahwa persepsi dukungan organisasi dan komitmen organisasi beperngaruh terhadap turnover intention karyawan sebesar 24,60%.

Kata Kunci: Persepsi Dukungan Organisasi, Komitmen Organisasi, Turnover Intention

Subjek

Human resources management
 

Katalog

PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN (STUDI KASUS: PT. PARIPURNA SWAKARSA MINAMAS PLANTATION KALIMANTAN SELATAN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOGI HADI GUNTORO
Perorangan
NIDYA DUDIJA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini