PENGARUH PROFITABILITAS, SALES GROWTH, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks Kompas 100 Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2018)

YAUSI RARA PUTRI

Informasi Dasar

20.04.1173
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan suatu bentuk informasi tentang kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan terhadap lingkungan sosialnya sebagai suatu bentuk komitmen. Pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam penyusunannya disusun menggunakan GRI Standards dan menghasilkan output berupa laporan berkelanjutan atau disebut dengan sustainability report. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, sales growth, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Obyek penelitian yang digunakan adalah pada perusahaan Indeks Kompas100 yang terdaftar di BEI tahun 2017-2018. Pemilihan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 17 perusahaan dalam Indeks Kompas100 dengan rentang tahun 2017-2018. Metode penelitian ini adalah regresi data panel dan pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang telah tersedia melalui laporan tahunan dan laporan keberlanjutan. Berdasarkan hasil pengujian data yang diolah menggunakan Eviews 10 diperoleh hasil secara simultan profitabilitas, sales growth, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility sedangkan profitabilitas dan sales growth tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan saran bagi investor yaitu sebelum melakukan investasi pada sebuah perusahaan dapat memeriksa sustainability report untuk mengetahui kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan tersebut sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Bagi perusahaan, disarankan untuk melakukan pengungkapan Corporate Social Responsibility menggunakan GRI secara maksimal.

Kata Kunci: Profitabilitas, Sales Growth, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, SALES GROWTH, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks Kompas 100 Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YAUSI RARA PUTRI
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini