Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Para Pegawai Pemerintah Daerah Untuk Menjadi Pengusaha (Studi pada 7 Kantor BPS Provinsi Sumatera Selatan)

MUHAMMAD AKBAR HARDIANTO

Informasi Dasar

20.04.921
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait dengan berwirausaha pada pegawai BPS Provinsi Sumatera Selatan. Permasalahan tersebut didasari dengan faktor kebutuhan pegawai BPS, dan banyak dari pegawai BPS Provinsi Sumatera Selatan yang telah melaksanakan berwirausaha. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan entrepreneurship belum sepenuhnya dapat memotivasi para pegawai untuk berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor pendorong entrepreneur pada pegawai pemerintah daerah salah satunya kantor BPS Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksploratif dengan pendekatan secara kuantitatif. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala ordinal, populasi yang diambil sebagian dari jumlah populasi 122 tersebut sebagai sumber data yang dianggap dapat mewakili dari keseluruhan populasi, pengambilan sampel yang akan digunakan adalah dengan teknik Nonprobability sampling. Dalam penelitian ini peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik Analisis Data Analisis data ini menggunakan Principal Component Analysis (PCA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor yang terbentuk dari hasil analisis faktor yang telah dilakukan. Ketujuh faktor tersebut yaitu Tim Wirausaha, Support dari Kantor, Entrepreneurial Skill and innovation, Strategy marketing, Entrepreneurial Mindset, Hard Skill dan Soft Skill, Career Potential . Interpretasi faktor- faktor tersebut dilakukan dengan judgement. Pada penelitian ini hanya terbatas pada Entreprenership pegawai BPS Provinsi Sumatera Selatan. Bagi pihak- pihak yang akan mengadakan penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan analisis faktor- faktor yang mendorong pegawai pemerintah daerah menjadi Entreprenership pada BPS Sumatera Selatan secara keseluruhan dalam ruang lingkup Provinsi Sumatera Selatan. Agar pegawai tidak ragu untuk berbisnis dan mengembangkan bisnis, asalkan tetap mengerjakan tugas dan amanah kantor dengan baik.

Kata kunci : Entrepreneur, Analisis Faktor, BPS Provinsi Sumatera Selatan

Subjek

ENTREPRENEURS
 

Katalog

Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Para Pegawai Pemerintah Daerah Untuk Menjadi Pengusaha (Studi pada 7 Kantor BPS Provinsi Sumatera Selatan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD AKBAR HARDIANTO
Perorangan
CUT IRNA SETIAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini