ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS WEBSITE REDDOORZ.COM DAN AIRYROOMS.COM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA)

DJODI FADHLYLLAH YOGAREKSO

Informasi Dasar

20.04.130
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kehadiran dan perkembangan internet yang sangat pesat di Indonesia mempermudah berbagai aktivitas seluruh masyarakat Indonesia tak terkecuali juga bisnis perhotelan. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan untuk membuka bisnis OTA ( Online Travel Agency). Dengan bekerjasama dengan hotel berbudget terjangkau, Reddoorz dan Airyrooms hadir untuk mempermudah masyarakat mencari hotel dengan harga terjangkau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi kualitas website Reddoorz.com dan Airyrooms.com dengan menggunakan metode webqual 4.0 dan importance performance analysis (IPA), dan mengetahui perbedaan kualitas dari kedua website. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dengan 3 dimensi di dalamnya yaitu Usabillity, Information Quality dan Service Interaction. Sumber data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 200 responden di Bandung yang pernah mengakses dan atau melakukan pembelian kamar online di kedua website tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Beda Mann-Whitney. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa skor total kinerja website reddoorz.com adalah sebesar 75,62% sedangkan skor total kinerja website airyrooms.com adalah sebesar 80,91%. Melihat dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan kedua website tersebut termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis pada website Reddoorz.com terdapat gap sebesar 3,9 dan Airyrooms.com sebesar 2,26%. yang berarti harus segera diperbaiki karena menjadi prioritas utama pengguna tapi kinerjanya masih jauh dari harapan pengguna. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney pada sub variabel Usability dan Service Interaction menunjukkan hasil < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kualitas yang signifikan pada website Reddoorz.com dan Airyrooms.com.

Kata kunci: Webqual, Importance Performance Analysis (IPA), Mann Whitney

Subjek

BUSINESS MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS WEBSITE REDDOORZ.COM DAN AIRYROOMS.COM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DJODI FADHLYLLAH YOGAREKSO
Perorangan
TRI INDRA WIJAKSANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini