EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL STORYTELLING KANAL YOUTUBE “Kok Bisa?” DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR (Studi pada subscriber youtube “Kok Bisa?”)

HIKMAD DRAJAT

Informasi Dasar

20.04.094
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan sumber daya manusia dan taraf kehidupan suatu bangsa. Dalam era digital seperti saat ini teknologi informasi dan komunikasi sangat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah platform Youtube. Youtube menyediakan referensi video dalam berbagai kategori, salah satunya adalah kategori edukasi. Di Indonesia sudah banyak sekali bermunculan kanal Youtube edukasi, salah satunya adalah kanal Youtube “Kok Bisa?”. Objek penelitian ini adalah penggunaan digital storytelling pada kanal Youtube “Kok Bisa?”. “Kok Bisa?” adalah salah satu pelopor kanal edukasi di Indonesia yang menggunakan animasi sebagai media penyampaian, kanal ini juga memiliki perhatian terhadap literasi di Indonesia. Tidak hanya untuk media online, namun “Kok Bisa?” juga membuat kelas-kelas offline atau tatap muka secara langsung, dengan sebutan ‘Kelas Kok Bisa’. Pada kelas ini “Kok Bisa?” mengajar langsung bagaimana cara berfikir ilmiah, riset menggunakan internet, storytelling, hingga visualisasikan ide-ide, kelas ini dibuat di sekolah-sekolah seluruh di Indonesia dengan tujuan membuat pengalaman belajar yang menyenangkan dan menarik serta efektif untuk siswa. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui seberapa efektifkah penyampaian informasi yang dilakukan kanal “Kok Bisa?” dalam memberikan edukasi tentang berbagai macam pertanyaan yang sulit dijelaskan dan dijelaskan dengan media animasi dan digital storytelling di kanal Youtube. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivistik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan menyebarkan 100 responden yaitu subscriber kanal Youtube “Kok Bisa?”. hasil penelitian ini adalah regresi linier sederhana sebesar Y = -2,166 + 0,446 X. Selanjutnya analisis korelasi dengan hasil sebesar 0,683 termasuk pada kategori kuat. Pada penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung (9.261) > ttabel (1,660) artinya terdapat efektivitas penggunaan digital storytelling dalam pempengaruhi minat belajar. Serta penggunaan digital storytelling memberikan pengaruh sebesar 46.6% terhadap keinginan penonton untuk meningkatkan minat belajar. Sedangkan sisanya sebesar 53.4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak ditelilti dalam penelitian ini. Kata kunci: Kok Bisa?, Digital Storytelling, New Media, dan Minat Belajar

Subjek

VISUAL COMMUNICATION
 

Katalog

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL STORYTELLING KANAL YOUTUBE “Kok Bisa?” DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR (Studi pada subscriber youtube “Kok Bisa?”)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HIKMAD DRAJAT
Perorangan
HADI PURNAMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini