HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KREDIBILITAS RELAWAN KAKAK ASUH (Studi Pada Relawan Kakak Asuh di SDN 01 Cimenyan – Bandung)

RETNO BARUNAWATI AYU

Informasi Dasar

19.04.5009
361.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan motivasi dan kredibilitas relawan Kakak Asuh Bandung. Penelitian ini menggunakan variabel independent yaitu motivasi dengan dimensi Affiliation, Beliefs, Career Develovment, dan Egoistic. Dengan variabel dependent yaitu Competence, Chracter, dan Caring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penelitian deskriptif. Pada penelitian ini peneliti menentukan responden menggunakan teknik purposive sampling, dengan responden sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis data deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari penelitian ditemukan bahwa tidak ada hubungan antara motivasi dan kredibilitas relawan hal ini terlihat dari perhitungan korelasi yang tidak ada signifikansinya yaitu sebesar -147. Namun pada penelitian ini terdapat hubungan yang negative antara aspek Affiliation terhadap kredibilitas relawan yang hasilnya tidak signifikan. Karena signifikansi Linearity sebesar 0.541 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa antara variabel terdapat hubungan yang tidak linear. Hal ini menunjukan semakin tinggi seseorang mempunyai motivasi karena adanya ajakan dari anggota keluarga, teman dan orang-orang sekitar semakin tidak kredibel seseorang untuk menjadi relawan. Hal ini juga membuktikan dan memperkuat fenomena yang ada di komunitas Kakak Asuh Bandung yaitu terdapat perubahan motivasi relawan ditengah tengah masa pengajaran di SDN 01 Cimenyan-Bandung, yaitu dengan mangkir tanpa alasan, mangkir dengan alasan, mengundurkan diri, telat datang, bentrok dengan kegiatan lain, adanya masalah kesehatan, masalah prioritas kuliah dan berbohong dengan alasan lain.

Kata Kunci : Motivasi, Kredibilitas, Relawan.

Subjek

SOCIAL ACTION
 

Katalog

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KREDIBILITAS RELAWAN KAKAK ASUH (Studi Pada Relawan Kakak Asuh di SDN 01 Cimenyan – Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RETNO BARUNAWATI AYU
Perorangan
MAULANA REZI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SK311122 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • SK812326 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini