Representasi Tokoh Hero Gatotkaca di Game Mobile Legends: Bang Bang (Studi Semiotika Pada Gatotkaca di Game Mobile Legends: Bang Bang)

DEFRYSAL RANSKI

Informasi Dasar

19.04.4700
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gatotkaca merupakan salah satu tokoh yang terkenal dalam dunia perwayangan sehingga komikus asal Indonesia yaitu Is Yuniarto menggambarkan ulang sosok Gatotkaca dalam komik Garudayana dengan target anak muda. Anak muda sekarang lebih senang bermain game khususnya game online seperti Mobile Legends: Bang Bang. Moonton selaku developer game tersebut mempunyai strategi membuat hero berdasarkan negara, salah satunya adalah Indonesia. Moonton melakukan survey, hero apa yang pantas untuk dijadikan karakter dalam game Mobile Legends: Bang Bang, lalu terpilihlah karakter Gatotkaca, selanjutnya Moonton melakukan survey skin atau desain kostum yang akan digunakan Gatotkaca dan terpilihah desain ciptaan Is Yuniarto. Is Yuniarto menggambarkan ulang semua ornamen yang terdapat pada desain Gatotkaca di game Mobile Legends: Bang Bang seperti hiasan lengan, bahu, sayap punggung, bentuk helm, zirah badan logo bintang dan sepatu. Dari desain tersebut mempunyai makna-makna tertentu, selain desain terdapat juga kekuatan, voice over, dan beberapa tanda lainnya yang mempunyai makna tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui makna-makna apa saja yang terdapatpada Mobile Legends: Bang Bang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap makna dari hero Gatotkaca di game Mobile Legends: Bang Bang. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan menggunakan analisis Charles Pierce. Hasil dari penelitian ini yaitu Gatotkaca memiliki tanda-tanda yang terdapat pada sifat manusia.

Kata Kunci: Semiotika, Gatotkaca, Mobile Legends: Bang Bang

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

Representasi Tokoh Hero Gatotkaca di Game Mobile Legends: Bang Bang (Studi Semiotika Pada Gatotkaca di Game Mobile Legends: Bang Bang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEFRYSAL RANSKI
Perorangan
MARTHA TRI LESTARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini