ESENSI DAN PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA INDUSTRI TEKSTIL : FAKTOR UTAMA KEBERHASILAN

ANNISA RIFQI MU`AFAH

Informasi Dasar

19.04.4686
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem ERP adalah sistem berbasis komputer yang dirancang untuk transaksi proses dalam organisasi dan memudahkan integrasi, dan perencanaan, produksi, serta menanggapi pelanggan secara real-time (O’Leary, 2001). Salah satu tujuan sistem ERP adalah otomatisasi dan integrasi proses bisnis perusahaan. Akan tetapi dalam praktiknya, tidak semua perusahaan yang menerapkan sistem ERP berhasil dalam proses implementasinya, ada banyak pula perusahaan yang gagal dalam mengimplementasi sistem ERP, seperti yang diungkapkan oleh Standish Group yang menyatakan bahwa hanya 10 persen perusahaan yang berhasil menerapkan ERP, 35 persen proyek dibatalkan dan 55 persen mengalami keterlambatan (Suroso, 2013).

Berdasarkan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara dan observasi diharapkan penelitian ini dapat menganalisis dan menyimpulkan analisis faktor utama keberhasilan dalam penerapan ERP di industri tekstil, merumuskan mengapa perusahaan di industri tekstil ingin mengimplementasi ERP, serta mengidentifikasi esensi dari penerapan ERP dalam perusahaan pada industri tekstil. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa faktor utama keberhasilan menerapkan ERP di industri tekstil adalah kesesuaian antara sistem dengan proses bisnis, kesesuaian kustomisasi sistem dengan kebutuhan bisnis, dan media komunikasi yang digunakan oleh konsultan untuk pengenalan sistem baru kepada pengguna.

Kata kunci : Enterprise Resource Planning, ERP di industri tekstil, esensi ERP, faktor utama keberhasilan penerapan ERP, penerapan ERP

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

ESENSI DAN PENERAPAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA INDUSTRI TEKSTIL : FAKTOR UTAMA KEBERHASILAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA RIFQI MU`AFAH
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, MUHARMAN LUBIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini