ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS : PT KIMIA FARMA TRADING AND DISTRIBUTION BANDUNG)

LEVIE SYAFIRALIANY

Informasi Dasar

19.04.4654
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Kimia Farma Trading and Distribution Bandung adalah sebuah anak perusahaan yang bernaung di bawah manajemen PT Kimia Farma (Persero) Tbk, bergerak dibidang layanan distribusi dan perdagangan produk kesehatan. Saat ini PT Kimia Farma Trading and Distribution Bandung telah menggunakan sebuah sistem ERP yaitu SAP (System, Applications, Product in Data Processing). Sistem tersebut digunakan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas, menyederhanakan proses bisnis penjualan dan distribusi, serta meningkatkan pendapatan. Namun sistem SAP pada PT Kimia Farma Trading and Distribution Bandung belum digunakan secara optimal karena sistem tersebut merupakan sistem yang kompleks. Berdasarkan masalah yang ada, solusi yang diusulkan yaitu melakukan analisis critical success factor (CSF) dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi dari DeLone dan McLean agar tidak terjadi kegagalan yang dapat merugikan PT Kimia Farma Trading and Distribution Bandung. Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor-faktor kritikal yang berpengaruh signifikan pada PT Kimia Farma Trading and Distribution Bandung adalah penggunaan terhadap keuntungan, kepuasan pengguna terhadap keuntungan, dan kualitas sistem terhadap penggunaan. Tidak semua hubungan antar variabel memiliki efek yang kuat. Sedangkan untuk model yang digunakan pada penelitian ini memiliki hasil prediksi yang baik.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS : PT KIMIA FARMA TRADING AND DISTRIBUTION BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LEVIE SYAFIRALIANY
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, MUHARMAN LUBIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini