ANALISIS KONTEN ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH (eWOM) PADA JEJARING SOSIAL TWITTER TERHADAP E-COMMERCE DI INDONESIA PADA EVENT PROMO AKHIR TAHUN 2018 (STUDI KASUS PADA TOKOPEDIA)

WACHDA YUNIAR ROCHMAH

Informasi Dasar

19.04.3967
381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tokopedia, sebagai salah satu dari lima E-Commerce terbaik di Indonesia, hadir untuk memberikan inovasi-inovasi yang bertujuan untuk memudahkan hidup masyarakat. Pada tahun 2018, terdapat banyak kegiatan promo menarik yang dilakukan oleh Tokopedia, antara lain Makerfest, Ramadhan Ekstra, dan lain-lain. Namun, nyatanya banyak eWOM negatif yang diungkapkan oleh penggunanya melalui jejaring sosial Twitter mengenai event yang diadakan oleh Tokopedia, contohnya pada event flash sale Ramadhan 2018. Hawkins (2010) menyatakan bahwa masyarakat akan lebih percaya terhadap pendapat atau opini dari orang lain daripada tim pemasaran sendiri, karena tidak seperti bagian pemasaran, sumber-sumber dari orang lain ini tidak memiliki suatu motif untuk mengutarakan opini dan perasaan mereka sesungguhnya Sebagai konsekuensinya, WOM terutama melalui sumber personal dapat memiliki pengaruh penting terhadap keputusan konsumen. Kedatangan internet telah memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk mendapatkan informasi dari konsumen lain dan memberikan kesempatan bagi para konsumen untuk memberikan saran yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dikonsumsi melalui Electronic Word of Mouth (eWOM), sehingga perlu mendapatkan perhatian serius oleh para peneliti dan manajer pemasaran (Hennig et.al., 2004). Dengan ini, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dari opini para pengguna Tokopedia sebagai eWOM dalam lingkup jejaring sosial Twitter yang lebih besar dan dalam proses yang dinamis dalam pelaksanaan salah satu event yang diadakan oleh Tokopedia pada akhir tahun 2018 yaitu Kejutan Belanja Untung (Kebut). Selanjutnya, akan dapat diketahui properties jaringan seluruh aktor yang terlibat berdasarkan interaksi yang terjadi, yang kemudian akan dapat ditemukan pemeran kuncinya dalam dalam penyebaran eWOM. Data yang digunakan adalah tweets dengan kata kunci “tokopedia”, dan “#tokopedia” dalam rentang waktu 1 – 31 Desember 2018. Metode yang penulis gunakan yakni Sentiment Analysis dan Social Network Analysis. Dengan ini penulis berharap bahwa penelitian akan membantu Tokopedia dalam serta mengetahui bagaimana kecenderungan opini masyarakat terhadap event-event yang diadakan oleh Tokopedia di akhir tahun, beserta properties dari jaringan para aktor yang terlibat dalam menyebarkan eWOM pada akhir tahun 2018.

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

ANALISIS KONTEN ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH (eWOM) PADA JEJARING SOSIAL TWITTER TERHADAP E-COMMERCE DI INDONESIA PADA EVENT PROMO AKHIR TAHUN 2018 (STUDI KASUS PADA TOKOPEDIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WACHDA YUNIAR ROCHMAH
Perorangan
ANDRY ALAMSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini