Analisis Mobile Application Service Quality (MappSql) Menggunakan Metode Text Mining pada Online Travel Agent (Studi Kasus Traveloka dan Tiket.com)

FANNISA

Informasi Dasar

19.04.3890
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia dalam perkembangannya memiliki tren pertumbuhan pengguna internet dan tren pariwisata yang positif setiap tahunnya. Salah satu bisnis yang berkembang terkait dengan pertumbuhan pengguna internet dan industri pariwisata yaitu Online Travel Agent (OTA). Dua OTA dengan popularitas tertinggi di Indonesia yaitu Traveloka dan Tiket.com. Dalam perkembangannya, OTA dapat diakses melalui Mobile Application yang merupakan platform dengan pengguna terbanyak dibandingkan dengan platform lain. Hal ini membuat Mobile Application menjadi salah satu peran yang sangat penting bagi bisnis OTA. Untuk memaksimalkan peluang layanan aplikasi diperlukan adanya analisis kualitas layanan aplikasi mobile untuk melihat potensi perkembangan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Text Mining yang terdiri dari Sentiment Analysis untuk melihat sentiment pengguna terhadap kualitas layanan aplikasi serta klasifikasi ulasan pengguna kedalam dimensi Mobile App Service Quality (MappSql) dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes untuk selanjutnya dilakukan permodelan topik untuk melihat topik utama yang ada dalam setiap dimensi MappSql. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bagaimana kualitas layanan aplikasi dapat digambarkan melalui sentimen ulasan pengguna serta mengetahui kualitas layanan aplikasi apa yang harus ditingkatkan dan diperbaharui oleh pengembang aplikasi. Pentingnya Analisa Text Mining dalam ulasan pelanggan mampu mempermudah pelaku bisnis untuk melihat peluang dengan memanfaatkan Customer Insight yang ada.

Subjek

SERVICE MARKETING
 

Katalog

Analisis Mobile Application Service Quality (MappSql) Menggunakan Metode Text Mining pada Online Travel Agent (Studi Kasus Traveloka dan Tiket.com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FANNISA
Perorangan
ANDRY ALAMSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini