ANALISIS PETA PERSEPSI SITUS RESERVASI ONLINE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI INDONESIA (Studi Pada Airy, BliBli, PegiPegi, Tiket.com dan Traveloka)

AGATHA FEBRIANA RAHMADANIAR

Informasi Dasar

19.04.3723
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi membuat masyarakat tradisional bertransformasi menjadi masyarakat modern. Masyarakat mulai mengandalkan teknologi dan internet untuk kehidupan sehari-hari. Dengan Internet, dunia Bisnis digital juga mulai berkembang pesat, saat ini industri travel di Indonesia juga berkembang sangat pesat. Pertumbuhan jasa online travel semakin marak bermunculan dan memiliki persaingan yang sangat kompetitif. Dengan adanya persaingan tersebut, maka penelitian positioning pada perceptual map produk dianggap penting untuk mengetahui seperti apa persepsi yang memengaruhi pengguna dalam memilih situs reservasi online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Perceptual Map yang menggambarkan letak masing-masing produk terhadap atribut Website design, Service and Information Quality, Customer Satisfaction, Reliability, Responsiveness, Security and Trust berdasarkan persepsi konsumen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 385 responden yang pernah penggunakan Airy, Blibli, Pegipegi, Tiket.com, Traveloka. Dengan membandingkan 5 merek situs reservasi online. Analisis yang dilakukan dengan menggunakanTeknik analisis Multidimensional Scalling dan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan keseluruhan atribut, konsumen mempersepsikan bahwa Pegipegi mendapatkan hasil terbaik dari semua atribut. Kemudian, pada peringkat kedua disusul oleh Traveloka, peringkat ketiga Tiket.com, peringkat keempat Airy dan pada peringkat kelima ditempati oleh Blibli. Saran yang dapat diberikan kepada Pegipegi, Traveloka dan Tiket.com agar dapat mempertahankan atau dapat meningkatkan keunggulan yang telah dimiliki. Kemudian, saran untuk situs reservasi yang lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada atribut Website design, Service and Information Quality, Customer Satisfaction, Reliability, Responsiveness, Security and Trust. Mengingat atribut tersebut merupakan atribut yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan. Kata kunci: Peta Persepsi, Situs Reservasi Online, Multidimensional Scalling

Subjek

Marketing
 

Katalog

ANALISIS PETA PERSEPSI SITUS RESERVASI ONLINE BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI INDONESIA (Studi Pada Airy, BliBli, PegiPegi, Tiket.com dan Traveloka)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGATHA FEBRIANA RAHMADANIAR
Perorangan
REFI RIFALDI WINDYA GIRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini