ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan IPO di BEI Periode 2015-2017)

NANDA DIN NURAZIZAH

Informasi Dasar

19.04.3363
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Harga saham perdana salah satunya ditentukan oleh underwriter, pihak ketiga yang memiliki informasi lebih banyak mengenai pasar modal dibandingkan dengan calon emiten. Adanya kondisi asimetri informasi ini dapat memberikan peluang kepada masing-masing pihak untuk mencapai kepentingan pribadinya, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kondisi underpricing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial leverage, return on assets (ROA), konsentrasi kepemilikan, tingkat inflasi dan listing delay terhadap tingkat underpricing baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang melakukan IPO di BEI dan mengalami underpricing periode 2015 – 2017. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 39 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews versi 9.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial leverage, ROA, konsentrasi kepemilikan, tingkat inflasi, dan listing delay berpengaruh secara simultan terhadap tingkat underpricing. Sedangkan secara parsial, ROA berpengaruh negatif terhadap tingkat underpricing. Tingkat inflasi berpengaruh positif terhadap tingkat underpricing. Financial leverage, konsentrasi kepemilikan, dan listing delay tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing secara parsial. Disarankan kepada peneliti selanjutnya dapat menambahkan tahun penelitian yang terbaru dengan menggunakan variabel yang tidak berpengaruh dalam penelitian ini. Untuk variabel financial leverage dapat menggunakan Debt to Assets Ratio (DAR) atau Time Interest Earning Ratio (TIER) sebagai proksi. Disarankan pula bagi calon investor, dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi tingkat underpricing dalam penelitian ini saat akan melakukan investasi saham di pasar perdana. Bagi perusahaan, disarankan dapat memperhatikan faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi tingkat underpricing dalam penelitian ini saat menentukan harga penawaran saham, sehingga tidak mengalami underpriced.

Kata kunci: Tingkat Underpricing, Initial Public Offering, Informasi Keuangan, Informasi Non Keuangan.?

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus pada Perusahaan IPO di BEI Periode 2015-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NANDA DIN NURAZIZAH
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini