Kebakaran Hutan Kalimantan sebagai Inspirasi pada Rancangan Pakaian Ready to Wear

MENTARI WIDYANI PRAMESWARI

Informasi Dasar

19.04.3308
391.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hutan merupakan unsur dari lingkungan hidup yang berperan penting bagi kehidupan makhluk hidup termasuk hutan tropis Kalimantan yang telah diakui dunia sebagai bagian dari paru-paru dunia namun saat ini sedang terancam kelestariannya disebabkan oleh ulah manusia melalui pembakaran lahan hutan demi kepentingan pribadi. Namun dampak buruk dari hal ini tidak hanya dirasakan oleh pelaku pembakaran melainkan jutaan orang di daerah lain yang terpapar asap pembakaran mengalami gangguan pernafasan dan berbagai fauna mati terpanggang atau kehilangan habitat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengangkat fenomena kebakaran hutan Kalimantan sebagai inspirasi perancangan busana ready to wear yaitu dengan membuat visualisasi motif kebakaran hutan melalui engineering print dan menggunakan aplikasi embellishment sebagai detail pada pakaian.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur beserta jurnal untuk mendapatkan data kehutanan, teori desain serta eksplorasi digital imaging sebagai pengembangan komposisi visual kebakaran hutan Kalimantan, wawancara serta observasi untuk memahami lebih dalam tentang karakter hutan Kalimantan dan pengolahannya dalam pengembangan produk fesyen.

Penelitian ini menghasilkan perancangan busana ready to wear yang mengangkat fenomena Kebakaran Hutan Kalimantan pada motif dan mengaplikasikan embellishment sebagai aksen untuk mempertegas detail pada motifnya.

Kata kunci: hutan tropis, kebakaran hutan, embellishment, digital printing, ready to wear ?

Subjek

BEADS
 

Katalog

Kebakaran Hutan Kalimantan sebagai Inspirasi pada Rancangan Pakaian Ready to Wear
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MENTARI WIDYANI PRAMESWARI
Perorangan
Marissa Siagian
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Kriya
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • TCG4A5 - KTM 5 FUTURE FASHION
  • TCG2G3 - PERANCANGAN TEKSTIL & FESYEN DIGITAL
  • CIH4A6 - TUGAS AKHIR
  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini