ANALISIS ALUR NILAI UNTUK PENCIPTAAN NILAI DALAM MODEL BISNIS DAN SUMBER DAYA PADA BISNIS PLATFORM INFOKES MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Kasus ePuskesmas)

RIZALDYAN MULYO HARTONO

Informasi Dasar

19.04.3132
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemanfaatan teknologi di era digital digunakan oleh perusahaan sebagai sarana untuk menjalankan proses bisnisnya. PT. Infokes Indonesia merupakan penyedia platform yang bergerak dalam bidang sistem informasi kesehatan bernama Infokes dan menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas, Satkes, dan Rumah Sakit di Indonesia. Ekosistem bisnis yang baik adalah ketika semua aktor yang terdapat pada jaringan bisnis saling memberikan kontribusi sesuai peranannya dengan baik. Saat ini belum ditemukan penelitian yang menganalisis Value Stream Mapping pada PT. Infokes Indonesia. Analisis Value Stream Mapping menunjukkan esensi dari bisnis perusahaan pada hal yang terkait yaitu actors, money sources, dan the structures of the firm’s offering. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis ekosistem bisnis PT. Infokes Indonesia menggunakan Value Stream Mapping serta menjabarkan pemodelan bisnis perusahaan menggunakan Business Model Canvas serta memberikan rekomendasi pemodelan bisnis yang didasari oleh hasil analisis value stream mapping untuk mengembangkan produk ePuskesmas. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan menggabungkan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis Value Stream Mapping yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa pembayaran yang dilakukan untuk produk atau platform ePuskesmas berpusat di Admedika. Maka dari itu, diperlukan alur nilai data information secara langsung yang berasal dari Puskesmas, Dinas Kesehatan, Admedika, dan PT. Infokes Indonesia dengan cara pendataan user secara transparan dan real time untuk menghindari resiko. Berdasarkan Business Model Canvas yang telah dianalisis bersama Value Stream Mapping, PT. Infokes Indonesia memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut seperti blok bangunan Key Partner, Key Activites, Value Proposition, Customer Segments, Cost Structure, serta Revenue Stream untuk pengembangan produk ePuskesmas yang optimal.

Subjek

STRATEGIC MARKETING
 

Katalog

ANALISIS ALUR NILAI UNTUK PENCIPTAAN NILAI DALAM MODEL BISNIS DAN SUMBER DAYA PADA BISNIS PLATFORM INFOKES MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Kasus ePuskesmas)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZALDYAN MULYO HARTONO
Perorangan
DODIE TRICAHYONO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini