IMPLEMENTASI SMART GARDEN WATERING PADA TAMAN ASRAMA UNIVERSITAS TELKOM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ANTARES DATABASE

A. FERI ANGGRIAWAN

Informasi Dasar

19.06.342
621.24
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Musim kemarau terjadi pada periode Mei – Oktober. Dengan periode kemarau tersebut, terdapat permasalahan pada tanaman di taman asrama Universitas Telkom, berdasarkan kuesioner yang sudah dibagikan dan diisi dari total 30 responden yang mencakup pegawai asrama Universitas Telkom 2018/2019 bahwa 90% pegawai asrama setuju kurangnya jadwal penyiraman tanaman pada taman asrama Universitas Telkom. Curah hujan yang kurang pada Mei hingga Oktober tersebut membuat banyak tanaman mengalami kekeringan yang menyebabkan tanaman tersebut layu hingga mati.

Pada proyek akhir dengan judul Implementasi Smart Garden Watering Pada Taman Asrama Universitas Telkom Berbasis Android Menggunakan Antares Database ini berfungsi untuk monitoring data debit air yang harus dikeluarkan oleh pengelola asrama dalam kurun waktu tertentu, monitoring kelembaban tanah, dan dapat melakukan penyiraman tanaman manual berbasis android.

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem otomatis pada fitur penjadwalan dan monitoring berjalan dengan baik, dengan presentase keberhasilan 90% pada salah satu pengujian menunjukkan kran air yang tidak terbuka saat kelembaban tanah < 7 dan sistem manual pada fitur controlling berjalan dengan baik dengan presentase keberhasilan 100% dan delay satu kali proses penyiraman pada pengiriman data dari aplikasi-Antares yaitu 0,711 detik dan Antares-alat yaitu 2,8 detik dengan total delay satu kali proses penyiraman yaitu 3,511 detik. Dari total enam responden pada kuesioner, 100% pegawai asrama setuju aplikasi sGarter dapat menjalankan fungsi dengan baik dan notifikasi kelembaban tanah dan debit air dapat dipahami dengan baik.

Kata kunci: Internet of Things, aplikasi android, Antares Database, Kelembaban Tanah, Debit Air.

Subjek

APPLICATION SOFTWARE-DEVELOPMENT
 

Katalog

IMPLEMENTASI SMART GARDEN WATERING PADA TAMAN ASRAMA UNIVERSITAS TELKOM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ANTARES DATABASE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

A. FERI ANGGRIAWAN
Perorangan
Denny Darlis, Atik Novianti
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini