BERITA PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI PASAR TANAH ABANG (Analisis Framing Pan & Kosicki pada Media Republika.co.id dan kompas.com)

PUTU DEA SARASWATI WIRAWAN

Informasi Dasar

19.04.3091
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian yang berjudul “Berita Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Tanah Abang (Analisis Framing Pan & Kosicki Pada media republika.co.id dan kompas.com)” bertujuan untuk melihat bagaimana pemberitaan mengenai penataan PKL di Tanah Abang yang mengambil kebijakan untuk menutup Jalan Jatibaru yang dibingkai oleh dua media yaitu kompas.com dan republika.co.id ditinjau dari struktur sintaksis, tematik, skrip dan retoris. Teori yang penulis pakai pada penelitian ini adalah analisis framing Zhongdang Pan dan Kosicki. Metode penelitiannya adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media daring kompas.com melakukan pembingkaian berita yang lebih memihak kepada masyarakat, pedagang, pengunjung pasar, dan supir angkutan umum. Hal ini terlihat dari isi berita yang disampaikan sesuai dengan pernyataan narasumber. Sedangkan pembingkaian berita yang dilakukan oleh media republika.co.id lebih menunjukan keberpihakan kepada pihak pemerintah selaku pihak yang memutuskan penutupan Jalan Jatibaru. Kesimpulan pada penelitian terlihat perbedaan yang cukup signifikan antara media kompas.com dan republika.co.id dalam membingkai berita mengenai penataan PKL di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat.

Kata Kunci: Berita, Media, PKL Tanah Abang, Konstruksi Media Massa

Subjek

BROADCAST MEDIA-NEWS
 

Katalog

BERITA PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI PASAR TANAH ABANG (Analisis Framing Pan & Kosicki pada Media Republika.co.id dan kompas.com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTU DEA SARASWATI WIRAWAN
Perorangan
RANA AKBARI FITRIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KII4P4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini