ANALISIS KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PADA USAHA MIKRO DI KECAMATAN BOJONGSOANG (Studi Kasus Pada BBC Fitness, U-Fitness, Focus Fitness)

JUAN PIETER SIMANGUNSONG

Informasi Dasar

19.04.3070
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Setiap tahun jumlah UMKM terus meningkat seperti halnya di Kota Bandung, hal ini tentu membuat persaingan bisnis semakin ketat. Dalam mengelola usaha tiap pelaku usaha haruslah memiliki kompetensi untuk dapat terus bertahan dalam ketatnya persaingan. Namun masih saja ada pelaku usaha yang masih belum dapat memanfaatkan peluang dengan baik, belum dapat mengelola asset dengan baik, dan masih banyak nya keluhan dari konsumennya seperti halnya pada BBC Fitness, U-Fitness dan Focus Fitness Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kompetensi kewirausahaan pada pemilik usaha BBC Fitness, U-Fitness dan Focus Fitness dengan variabel Ideas and Opportunites yaitu spotting opportunities & valuing ideas, creativity envisioning, ethical and suistainable thinking, Variabel Resources yaitu self awareness and self efficacy, motivation and perseveranve, mobilizing resources, financial and economy literacy, mobilizing others, Variabel Into Action yaitu initiative taking, planning and management, coping with uncertainty ambiguity, working with others dan learning throght experience untuk mengetahui kemampuan apa yang masih harus dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Sumber data diperoleh dari pemilik fitness Center yaitu BBC Fitness, U-Fitness dan Focus Fitness Data diperoleh dengan wawancara semiterstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data. Kemampuan yang masih harus dikembangkan pemilik usaha BBC Fitness, U-Fitness dan Focus Fitness yaitu pada variable Ideas and Opportunities yaitu envisioning dan ethical and suistanaible thinking. Variabel Resources yaitu motivation and perseverance, financial and economic literacy, dan mobilizing others. Variabel Into action yaitu planning and management, coping with uncertainty ambiguity dan learning throught experience. Hasil penelitian ini diharapkan dengan diketahuinya kompetensi kewirausahaan dan kemampuannya yang masih harus dikembangkan, dapat menjadi bahan pembelajaran dalam mengembangkan ketrampilannya berwirausaha bagi para pemilik UMKM dalam mengelola usahanya. Kata Kunci : Kewirausahaan, kompetensi kewirausahaan, usaha mikro, kecil dan menengah.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

ANALISIS KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PADA USAHA MIKRO DI KECAMATAN BOJONGSOANG (Studi Kasus Pada BBC Fitness, U-Fitness, Focus Fitness)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUAN PIETER SIMANGUNSONG
Perorangan
ASTRI GHINA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • KU3062 - Inovasi dan Kewirausahaan
  • EBH0L2 - KOLOKIUM *
  • EBH0M4 - SKRIPSI *

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini