ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS MESIN CUTTING PADA PABRIK PIPA MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DENGAN PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM)

MUHAMMAD IRFAN SYAHPUTRA HADIYAT

Informasi Dasar

19.04.2662
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan salah satu industri manufaktur yang fokus memproduksi Pipa Baja dan Pipa Beton. Salah satu mesin yang digunakan pada lini produksi Pipa Baja adalah Mesin Cutting dengan frekuensi downtime terbanyak. Untuk mengatasi masalah tersebut, Total Productive Maintenance (TPM) merupakan metode yang relevan untuk diterapkan. Sebelum dilakukannya penerapan metode TPM, perlu dilakukannya analisis kondisi eksisting Mesin Cutting dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) yang digunakan sebagai indikator tingkat efektivitas mesin. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode OEE diperoleh nilai sebesar 46,77% yang berarti nilai OEE pada Mesin Cutting belum mencapai nilai Standard World Class yaitu sebesar 85%. Faktor utama yang paling mempengaruhi rendahnya nilai OEE adalah Reduced Speed Loss dengan persentase kerugian sebesar 75,43% yang diperoleh dari perhitungan Six Big Losses. Penyebab kerugian tersebut dapat diidentifikasi menggunakan diagram fishbone pada faktor Reduced Speed Loss dengan mempertimbangkan empat faktor yaitu man, spare part, method dan machine. Setelah diketahui penyebab kerusakannya maka dapat dilakukan upaya penerapan Total Productive Maintenance untuk meningkatkan efektivitas Mesin Cutting dan mengurangi kerugian-kerugian yang terjadi pada mesin tersebut dengan melakukan empat tahap yaitu preparation, introduction, implementation dan consolidation & sustaining.

Subjek

MAINTENANCE
 

Katalog

ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS MESIN CUTTING PADA PABRIK PIPA MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DENGAN PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRFAN SYAHPUTRA HADIYAT
Perorangan
Endang Budiasih, Fransiskus Tatas Dwi Atmaji
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4DB3 - MANAJEMEN ASET
  • IEH4DA3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4DC3 - PERAWATAN PRODUKTIF MENYELURUH
  • IEH4DD3 - REALIBILITY DAN MAINTAINABILITY
  • IEI4U3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEI5B3 - PERAWATAN PRODUKTIF MENYELURUH
  • IEI4S3 - MANAJEMEN ASET

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini