ANALISIS RATA-RATA ABNORMAL RETURN SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN INFORMASI AKUNTANSI, DIVIDEN DAN EX-DIVIDEND DATE (STUDI KASUS PADA INDEKS KOMPAS-100)

FADELINE AIDA ZULFA

Informasi Dasar

19.04.2080
657.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Beberapa faktor seperti dirilisnya informasi akuntansi, dividen dan ex-dividen date dapat mempengaruhi return. Namun masih terdapat kecenderungan yang berbeda terhadap pengembalian saham dengan teori yang ada. Jika pengumuman mengandung informasi, maka diharapkan pasar akan bereaksi pada waktu pengumuman tersebut diterima oleh pasar. Return saham ditunjukkan dengan adanya perubahan harga dari sekuritas yang umumnya dinyatakan dengan ukuran abnormal return. Penelitian ini bermaksud untuk menguji indeks Kompas-100 pada tahun 2017 dengan menganalisis dampak dari tiga peristiwa yang terkait dengan peristiwa dividen pada pengembalian saham. Tiga peristiwa yang dipertimbangkan adalah pengumuman informasi akuntansi, dividen dan tanggal ex-dividen. Periode penelitian yang digunakan yaitu 19 hari yang terdiri dari 8 hari sebelum tanggal peristiwa , sehari pada saat peristiwa, dan 8 hari setelah peristiwa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang dikumpulkan dari sampel penelitian pada 42 perusahaan yang terdaftar pada indeks KOMPAS-100 yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Reaksi pasar dalam penelitian ini diukur dengan rata-rata abnormal return yang telah distandarisasikan dan telah melalui uji statistik. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah paired sample t-test dan model yang digunakan untuk menghitung abnormal return adalah Market Adjusted Model. Market Adjusted Model dipilih karena kesederhanaannya dan tidak akan menghasilkan bias dalam perhitungan abnormal return yang disebabkan kesalahan estimasi parameter seperti yang dapat terjadi dalam kedua metode lainnya. Hasil penelitian dengan menggunakan teknik paired sample t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata abnormal return yang signifikan terhadap peristiwa RUPS dan terdapat perbedaan rata-rata abnormal return yang signifikan terhadap dividen dan ex-dividend date di Indeks Kompas-100 tahun 2017.

Kata Kunci: Dividen, Kompas-100, Abnormal Return, Event Study

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS RATA-RATA ABNORMAL RETURN SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN INFORMASI AKUNTANSI, DIVIDEN DAN EX-DIVIDEND DATE (STUDI KASUS PADA INDEKS KOMPAS-100)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADELINE AIDA ZULFA
Perorangan
Muhammad Azhari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini