ANALISIS FRAMING BERITA PENODAAN AGAMA OLEH MELIANA PADA MEDIA DETIK.COM DAN TRIBUNNEWS.COM (Periode 13 Agustus – 25 November 2018)

ALDIMANSYAH S

Informasi Dasar

19.04.1872
070.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kasus penistaan atau penodaan agama, akhir-akhir ini kembali menjadi topik pembicaraan yang sensitif pada masyarakat Indonesia. Maraknya kasus ini terjadi akibat adanya ketidaksepahaman antara satu golongan beragama ataupun memang murni kesalahan pribadi. Salah satu kasus dari penodaan agama yang terjadi di Indonesia pada tahun 2016 adalah kasus Meliana, warga Tanjungbalai, Sumatera Utara. Ditahun 2018, kasus Meliana kembali menjadi topik yang hangat diberitakan di media massa setelah dirinya dinyatakan vonis hukuman selama 18 bulan penjara oleh Pengadilan Tinggi Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana media massa dalam melakukan pembingkaian (framing) isu penodaan agama oleh Meliana yang dilakukan pada media detik.com dan tribunnews.com. Penelitian ini menggunakan teknik analisis framing William A. Gamson dan Andre Modigliani dengan metode kualitatif dan paradigma konstruktivis. Hasil dari penelitian ini menunjukan detik.com memberitakan isu ini secara imbang dan memihak kepada kepentingan umum, sedangkan tribunnews.com lebih memihak kepada kepentingan semu masyarakat dengan pemberitaannya yang selalu pro terhadap Meliana.

Subjek

JOURNALISM
 

Katalog

ANALISIS FRAMING BERITA PENODAAN AGAMA OLEH MELIANA PADA MEDIA DETIK.COM DAN TRIBUNNEWS.COM (Periode 13 Agustus – 25 November 2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDIMANSYAH S
Perorangan
RENI NURAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini