PENGARUH DIMENSI MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KOMPETENSI KARYAWAN DI PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN JARINGAN YOGYAKARTA

AJI MUHAMMAD KHOLIS

Informasi Dasar

19.04.1661
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Era globalisasi menghadirkan lingkungan bisnis yang selalu bergerak cepat dan kompetitif, hal tersebut menuntut setiap organisasi agar dapat mempraktikkan Knowledge Management secara baik dalam rangka meningkatkan efektivitas organisasi. Pada era global, pengelolaan pengetahuan sangatlah penting guna meningkatkan kompetensi para karyawan. Hal tersebut dikarenakan, kompetensi dibangun atas pengetahuan, keterampilan dan karakteristik pribadi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukannya. Karyawan yang berkompeten cenderung akan menghasilkan kinerja yang baik, yang akhirnya akan meningkatkan produktifitas organisasi dan membantu organisasi untuk mencapai tujuannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari dimensi manajemen pengetahuan terhadap kompetensi karyawan di PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, jenis penelitian deskriptif dan kausal, dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling jenuh (penelitian sensus), yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh populasi yang berjumlah 78 karyawan, guna mendapatkan hasil penelitian yang general. Data hasil penyebaran kuesioner diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dimensi manajemen pengetahuan berupa knowledge capture and/or creation, knowledge sharing and dissemination, dan knowledge acquisition and application secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kompetensi karyawan PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta. Berdasarkan pengaruh parsial dari setiap dimensi manajemen pengetahuan, knowledge sharing & dissemination dan knowledge acquisition & application adalah dua dimensi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kompetensi karyawan PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta.

Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan; Knowledge Capture and/or Creation; Knowledge Sharing and Dissemination; Knowledge Acquisition and Application; Kompetensi.

Subjek

HUMAN CAPITAL
 

Katalog

PENGARUH DIMENSI MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KOMPETENSI KARYAWAN DI PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN JARINGAN YOGYAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AJI MUHAMMAD KHOLIS
Perorangan
ARY FERDIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • BM62C4 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEJIK
  • EBI2I4 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEJIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini