ANALISIS DISKRIMINAN USAGE BARRIER, VALUE BARRIER, RISK BARRIER, TRADITION BARRIER, DAN IMAGE BARRIER TERHADAP HAMBATAN FUNGSIONAL DAN HAMBATAN PSIKOLOGIS (STUDI KASUS PADA NONPENGGUNA TRAVELOKA)

ROSHITA SASQHIA PUTRI

Informasi Dasar

19.04.1325
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Layanan dan teknologi yang dimiliki Traveloka telah mampu memiliki nilai dan keuntungan yang lebih baik daripada layanan yang berdasarkan teknologi para pesaingnya. Karena adanya persaingan bisnis, Traveloka tidak boleh lengah dan harus mengantisipasi sejak awal. Penelitian ini akan melakukan pengamatan terhadap yang tidak menggunakan Traveloka.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami resistensi inovasi yang memiliki dua hambatan dalam mengadopsi suatu inovasi, yaitu hambatan fungsional dan hambatan psikologis. Non-adopter Traveloka dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan pada keniatan menggunakan inovasi. Setelah itu diidentifikasi perbedaan resistensi di antara kelompok tersebut. Penelitian ini mengidentifikasi 3 kelompok non-adopter Traveloka, yaitu postponers, opponents, dan rejectors.

Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui Google Forms dan secara offline kepada non-user Traveloka di Indonesia. Pengolahan data dilakukan menggunakan software SPSS 23 menggunakan metode analisis diskriminan. Dari kuesioner yang disebar, diperoleh 212 responden yang terdiri dari 42 responden postponers, 145 responden opponents, dan 25 responden rejectors. Dari hasil penelitian ini variabel yang paling membedakan di antara ketiga grup adalah variabel Usage Barrier dan Risk Barrier. Ketiga kelompok berbeda dalam hal resistensi mereka terhadap Traveloka. Dengan begitu, kelompok-kelompok tersebut harus didekati dengan strategi yang berbeda dan tindakan pemasaran yang berbeda pula. Hal ini bertujuan agar mendorong non-adopter untuk menggunakan layanan Traveloka.

Untuk mengatasi hambatan adopsi, pemasar Traveloka harus menerapkan metode yang sesuai dengan strategi, dan tindakan yang sesuai dengan target pasar dari ketiga kelompok.

Kata Kunci: Diskriminan, Resistensi, Postponers, Opponents, Rejectors

Subjek

ONLINE MARKETING
 

Katalog

ANALISIS DISKRIMINAN USAGE BARRIER, VALUE BARRIER, RISK BARRIER, TRADITION BARRIER, DAN IMAGE BARRIER TERHADAP HAMBATAN FUNGSIONAL DAN HAMBATAN PSIKOLOGIS (STUDI KASUS PADA NONPENGGUNA TRAVELOKA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROSHITA SASQHIA PUTRI
Perorangan
REFI RIFALDI WINDYA GIRI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini